22:55 - Monday, 21 August 2017
Friday, 11 August 2017 | 19:20

Melihat KKN Mahasiswa UMM di Dayurejo


Prigen (wartabromo.com) – Lebih dua pekan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdekatan dengan warga di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa yang melebur dalam Kelompok KKN 16 UMM ini mencoba mengabdikan diri, menyusun beragam kegiatan sosial mulai dari pengembangan ekonomi kreatif, pendidikan hingga kesehatan.

Salah satu mahasiswa, Rilha Hayuning Sakti Pamungkas mengungkapkan, sebelumnya mahasiswa membelah dalam empat bagian dan fokus mendampingi warga selama satu bulan, dimulai pada 24 Juli 2017 kemarin, hingga 22 Agustus 2017 mendatang.

Rilha menjelaskan, pembagian kepada lebih dari 30 mahasiswa tersebut diantaranya pada Divisi Pendidikan; Divisi Ekonomi; Divisi Sosial dan Budaya; serta Divisi Kesehatan.

Setelah sekian waktu, Rilha menyebut apa yang digagas untuk warga, khususnya yang berada di Dusun Gamoh, Desa Dayurejo telah cukup dapat diterima.

Ia menilai potensi ekonomi di daerah ini cukup mampu untuk ditingkatkan menjadi sumber penghasilan yang layak. Hanya saja hal tersebut belum dapat dirasakan, karena kebijakan dari para pemangku kebijakan belum diarahkan secara penuh.

“Potensi desa sebenarnya cukup besar. Seperti usaha-usaha kerajinan dan sebagainya. Tapi mereka bingungnya itu di pemasaran,” ungkap Rilha, Jum’at (11/8/2017).

Saat ini salah satu hal yang dikembangkan oleh Kelompok KKN 16 UMM, ditambahkan oleh Rilha adalah menambah kemampuan pemuda desa dengan membuat kerajinan dari bambu, seperti asbak hingga tempat pensil.

Sebelumnya dijelaskan ragam program yang digeber dalam KKN kali ini diantaranya bimbingan belajar, ikut serta mengajar di TPQ, seminar dan pelatihan kewirausahaan dan desa sadar lingkungan.

Satu hal lagi fokus pada kesehatan berupa penyuluhan sikat gigi bersih dan cuci tangan, home visit kesehatan, penyuluhan serta pengobatan gratis bersama Kaliandra. (*/*)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Tim Jurnalistik MA As Sholchah Berkunjung ke Redaksi Warmo, Ini Yang Dilakukan Mereka

Bawa Misi Wisata dan Budaya, Jamnas ke-4 KNCI Digelar di Pasuruan