16:23 - Selasa, 17 Juli 2018
Kamis, 17 Agustus 2017 | 13:37

Jamaah Haji Probolinggo Upacara Bendera Di Jabal Rahmah

Makkah (wartabromo.com) – Cinta tanah air tak mengenal jarak. Kapan dan dimana pun tetap terus bergelora. Nah, kali ini ratusan jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72, di Jabal Rahmah, Makkah. Kegiatan di sela ibadah haji inipun memiliki makna mendalam bagi para calon haji.

Negara Indonesia dengan Makkah terpaut jarak sekira 7.911,45 kilometer, namun calon haji asal Kabupaten Probolinggo tetap bersukacita melaksanakan upacara bendera Hari Kemerdekaan ke-72 RI di Tanah Suci.

 

Meski terlihat sederhana, jamaah memilih KH. Abd Wasik Hannan sebagai Inspektur Upacara, memimpin serangkaian tahapan upacara dengan peserta dari Jamaah Haji asal KBIH PCNU Kraksaan di Jabal Rahmah, Makkah Al Mukarromah.

Calon haji termasuk dalam rombongan kelompok terbang 52 Embarkasi Surabaya itu memulai upacara pukul 8 waktu setempat.

Disebutkan, awalnya hanya diikuti oleh 95 jamaah asal KBIH PNCU Kraksaan saja. Namun, beberapa jamaah asal Indonesia lainnya kemudian turut serta dalam peringatan kemerdekaan ini.

“Sehingga ada sekitar 300 orang calon haji yang menggelar upacara bendera Agustusan di sela menunaikan ibadah haji di Makkah,” ujar Sekretaris PCNU Kraksaan Faudzan Hafidi, melalui sambungan selulernya, Kamis (17/8/2017) siang.

Menurut Nurul Yaqin, ide menggelar upacara bendera di Tanah Suci digagas saat rapat koordinasi (rakor) karom (ketua rombongan) dan karu (ketua regu) di Hotel Aziziyah.

Usul itu kemudian disepakati jamaah lainnya sebagai wujud Cinta Tanah Air serta menunjukkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia tidak pernah pudar meski berada di Saudi Arabia.

“Semangat ini juga diharapkan mampu memotivasi para jamaah dan mendoakan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Harapannya Indonesia dijauhkan dari segala bentuk musibah serta selalu mendapat rahmat dan perlindungan dari Allah SWT,” kata Ketua Rombongan 1 Kloter 52 ini. (cho/saw)

Filed in

Jalin Kebersamaan, PT Indonesia Power Rayakan Kemerdekaan Bersama TNI AL

Minggu Besok, Keluarga Besar PDAM Pasuruan Gelar Jalan Sehat Kemerdekaan