Siswa Ponpes Hidayatullah Upacara Bendera dan Tahlil

0
103

Gondangwetan (wartabromo.com) – Upacara pengibaran bendera merah putih peringatan HUT RI yang ke – 72 dilakukan oleh ratusan siswa dan santri Pondok Pesantren Hidayatullah Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Berbeda dengan lainnya, kegiatan Upacara Bendera ini dipandu juga dengan suasana pembacaan tahlil bagi para syuhada dan pejuang kemerdekaan.

Suasana penuh hikmad menyelimuti halaman Ponpes Hidayatullah Tampung Gondangwetan Kabupaten Pasuruan, Kamis (17/8/2017) pagi. Para siswa dan santri dari berbagai tingkatan dan lembaga mulai dari PAUD, RA, MI, MTS, MA dan Madin berkumpul untuk mengikuti detik – detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 72.

Mereka mengenakan seragam masing – masing lembaga sesuai dengan tingkatannya. Para santri yang duduk di bangku Madin pun mengenakan baju Koko dan sarung sebagai identitas seragamnya selama mengikuti upacara.

Pengibaran bendera merah putih pun berlangsung dengan lancar dan sukses.

“Hampir setiap tahun di hari kemerdekaan. Kami selalu mengadakan upacara bendera dan detik – detik proklamasi, ” kata Birrul Alim, salah seorang guru dan pengurusan Yayasan setempat.

Menariknya, selain melaksanakan upacara, para siswa dan santri juga diajak untuk membaca tahlil yang ditujukan untuk mendoakan para pahlawan dan syuhada yang gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Ponpes Hidayatullah sendiri diasuh langsung oleh KH. Muzakki Birrul Alim yang merupakan Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pasuruan. (yog/yog)