Pihak Tol Janji Beri Layanan Kesehatan Gratis Bagi Warga Tejowangi

0
4

Pasuruan (wartabromo.com) – Pelaksana proyek Jalan Tol Pandaan-Malang janji memberi pelayanan kesehatan gratis kepada warga Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Posko kesehatan kepada warga terdampak pengerjaan proyek tol itu, rencananya ditempatkan di salah satu titik wilayah jalan raya Purwosari.

Kepastian tersebut diketahui setelah pemerintah daerah melakukan sejumlah dialog dengan pihak pengelola tol, menyusul adanya protes warga Tejowangi beberapa waktu lalu.

“PT Jalan Tol memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma untuk warga yang membutuhkan layanan kesehatan,” ungkap Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan, Rabu (23/8/2017).

Disebutkan, pemberian layanan itu merupakan salah satu janji yang diberikan pihak tol dari sejumlah kesepakatan yang dihasilkan saat itu.

“Jadi tempat layanan kesehatan ada di jalan raya tidak jauh dari kebun raya Purwodadi. Ini satu dari tujuh poin hasil musyawarah kami dengan pihak tol,” tambah Irsyad.

Dijelaskan kemudian, hasil dari pertemuan diantaranya memperbaiki jalan-jalan desa dan sejumlah rumah warga secara bertahap.

Selain itu hal utama adalah kesanggupan pihak tol terhadap tuntutan penyiraman jalan yang berdebu akibat aktivitas lalu lalang truk. Meskipun masih harus menunggu hasil koordinasi dengan Dinas Pengairan.

Selanjutnya pihak tol juga disebut, akan segera membangun kembali balai desa yang terbongkar karena masuk dalam peta tol Pandaan-Malang.

“Terkait Balai Desa Tejowangi, Kepala Desa sudah melaksanakan prosedur. Untuk pembangunan balai desa selanjutnya akan lebih mengikutsertakan elemen masyarakat yg lain,” pungkasnya. (ono/ono)