12:05 - Rabu, 18 Juli 2018
Minggu, 27 Agustus 2017 | 20:30

Ribuan Bibit Ikan Disebar Di Perairan Probolinggo

Probolinggo (wartabromo.com) – Eksploitasi besar-besaran dalam penangkapan ikan seringkali membuat kerusakan ekosistem laut tak berimbang. Tak terkecuali di perairan Probolinggo. Prihatin dengan kondisi itu, alumni Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta Kordinator Wilayah Jawa Timur, menebar 20 ribu bibit ikan di laut lepas Kota Probolinggo, Minggu (27/08/2017).

Setidaknya ada 20 ribu bibit ikan ditebar di pesisir pantai Mayangan, Kota Probolinggo. Jenis bibit ikan yang ditebar diantaranya adalah ikan kerapu, bandeng, kakap dan kakap putih.

Penebaran bibit ikan ini, dilakukan sebagai upaya terjaganya ekosistem laut, yang menjadi salah satu sumber kehidupan rakyat indonesia.

Sekretaris Jenderal Alumni STP Jakarta, Wawan Darmawan menuturkan, proses penangkapan ikan yang tanpa memperhatikan sumber dayanya, membuatnya merusak biota laut.

Padahal tingkat konsumsi ikan di indonesia mencapai 41 kilogram per kapita per tahun. Tentunya jika tidak diiringi oleh upaya pelestarian, maka akan terjadi kepunahan.

“Penebaran bibit ikan untuk ikut menjaga kelangsungan sumber daya ikan laut, utamanya biota laut yang selama ini terpinggirkan pelestariannya. Walau kecil jumlahnya, namun setidaknya kami ikut menjaga berlangsungnya sumber daya biota laut untuk anak cucu kita kedepan,” ujar Wawan.

Jeje Parawinata, Bupati Pangandaran, Jawa Barat, yang menjadi tamu kehormatan alumni STP Jatim, bertutur kalau dirinya sangat senang kegiatan itu. Ia mengatakan berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan di Jawa Timur merupakan hal yang sangat luar biasa.

“Harapannya dengan penebaran benih ikan ini dapat menjaga sumber daya laut kita, disamping untuk memperkuat tali persaudaraan antar alumni. Tentu sangat senang bisa ikut terlibat,” kata alumni STP angkatan 20 ini. (fng/saw)

Filed in

Hebohnya Jurnalis Jadi Model

Kian Seru, Empat Tim Bakal Kerahkan Otot Pada Grand Final Tarik Tambang di Sibon