22:09 - Kamis, 19 Juli 2018
Selasa, 29 Agustus 2017 | 17:21

Dua Bacawali Probolinggo Berebut Dukungan PPP

Probolinggo (wartabromo.com) – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Probolinggo jadi rebutan dua bakal calon walikota (bacawali) untuk dijadikan koalisi. Kedua bawacali itu adalah Habib Hadi Zainal Abidin (PKB) dan Fernanda Zulkarnain (Golkar) yang disebut akan maju dalam pilkada tahun depan.

Ketertarikan kedua figur itu, terlihat saat keduanya mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Walikota dari PPP, Selasa (29/8/2017).

Habib Hadi merupakan ketua DPC PKB Kota Probolinggo, dan sepertinya dipastikan maju dari partainya sendiri. Sayang, dengan 4 kursi di DPRD, politisi yang kini jadi anggota DPR-RI itu, tak bisa melenggang tanpa berkoalisi.

Hal yang sama juga dialami Fernanda. Adik kandung Audi Firmana, Ketua DPD Golkar Kota Probolinggo ini, harus menggandeng partai lain untuk berkoalisi, karena Golkar hanya memiliki kekuatan 5 kursi di DPRD.

Meski sudah punya figur calon, baik PKB maupun Golkar tak bisa mengusung calon tanpa koalisi. PKB perlu tambahan 2 kursi, sedangkan Golkar perlu tambahan 1 kursi.

PPP yang kini jadi rebutan, memiliki 3 kursi di DPRD, sama dengan Partai Gerindra.

“Hari ini langsung dua yang mendaftar. Habib Hadi dan Fernanda,” ujar Ketua DPC PPP Kota Probolinggo, David Rosidi kepada wartabromo.com.

David mengatakan Tim Habib Hadi datang dan mendaftar lebih dulu ke kantor DPC PPP di Jl Slamet Riyadi, Kota Probolinggo, Jawa Timur, sekitar pukul 8.00 WIB.

Selang 2 jam kemudian, tim Fernanda Zulkarnain menyusul untuk mengambil formulir.

PPP membuka pendaftaran Bacawali, mulai dari Selasa (29/8/2017) hingga 9 September 2017.

Sementara untuk pengembalian formulir, sekaligus pemaparan visi-misi para pendaftar, dilakukan sejak 11 hingga 22 September nanti.

Tahap selanjutnya adalah survei elektabilitas dan kepopuleran tokoh itu di mata warga Kota Probolinggo.

Selain Habib Hadi dan Fernanda, diketahui  incumbent Rukmini dan Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo, Zulfikar Imawan juga mengemuka mencalonkan diri. Rukmini akan berangkat dari PDIP (8 kursi). Sedangkan Zulfikar Imawan, akan berangkat dari NasDem (4 kursi). (fng/saw)

PPP Jaring Bacawali Probolinggo

Kang Mahdi Ramaikan Bursa Pilwali Kota Probolinggo