Irsyad Yusuf Daftar ke PPP Dianggap Selaras Dengan Harapan Kyai NU

1289

Pasuruan (wartabromo.com) – Partai Persatuan Pembangunan menyambut baik ajakan Irsyad Yusuf untuk bersama-sama dapat bergandengan pada ajang pemilihan kepala (Pilkada) Kabupaten Pasuruan 2018 nanti. Penyerahan formulir pendaftaran oleh Irsyad Yusuf sebagai bakal calon Bupati dari PPP dianggap selaras dengan keinginan sesepuh dan ulama di keluarga besar NU Pasuruan.

“PPP lahir tidak lepas dari NU. Tabayun langsung kami dengan Gus Irsyad, sudah satu poin untuk tidak bersebrangan dengan orangtua kami (Kyai) dan jamiyah NU,” ujar Ahmad Mawardi, Ketua PPP Kabupaten Pasuruan, Senin (4/9/2017).

Menurut Mawardi, pihaknya selama ini telah melakukan pendekatan dan konsultasi dengan para Kyai sepuh untuk mencari sosok yang tepat untuk dapat didukung untuk membangun Kabupaten Pasuruan nanti.

Dari sejumlah pendekatan secara kultural itu, salah satu pilihan diantaranya adalah sosok Irsyad Yusuf yang saat ini juga sebagai Bupati Pasuruan.

Baca Juga :   Sopir Ngantuk, Truk Muat 15 Ton Besi Tua Hantam Pembatas Jalan

Ia pun memastikan, penyerahan pendaftaran Irsyad Yusuf, telah diketahui oleh pimpinan PPP, khususnya di tingkat wilayah Jawa Timur.

Lebih jauh diungkapkan, meskipun kekuatan PPP di Pasuruan tidak dominan, namun struktur dan tatanan organisasi partai diyakini tidak dimiliki partai lainnya.

Selain di tingkat kecamatan hingga kelurahan, PPP Kabupaten Pasuruan juga telah terbentuk struktur baru hingga di tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara/setingkat RT).

“Meski tidak wajib, kami telah memiliki struktur kuat sampai di tingkat TPS,” Mawardi menegaskan.

Dikatakan oleh Mawardi, selain itu PPP memiliki basis dukungan militan. Sehingga dengan kekuatan tersebut PPP tidak boleh dianggap sebelah mata oleh partai lain, terutama pihak-pihak yang bakal maju mencalonkan diri sebagai Bupati Pasuruan periode 2018-2023.

Baca Juga :   Tuding Timbulkan Kerusakan, Warga Blokir Akses Proyek Tol Paspro

Sebelumnya dijelaskan, pihaknya telah menyebar blanko pendaftaran ke sejumlah tokoh-tokoh politik terkemuka di Kabupaten Pasuruan.

Blanko tersebut selain formulir juga berisi ketentuan teknis maupun sejumlah persyaratan hingga nanti mendapatkan rekomendasi sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati dari PPP.

“Diantaranya ke Pak Gagah (Wabup Pasuruan Riang Kulup Prayuda), sudah kami beri blanko. Cuman masih Gus Irsyad yang menyerahkan formulir. Kami masih menunggu hingga Rabu (6/9/2017) besok,” terang Mawardi.

PPP Kabupaten Pasuruan, kemudian masih menunggu keputusan pimpinan wilayah hingga pusat, sebagaimana mekanisme partai yang berlaku, untuk selanjutnya memastikan dukungan secara resmi kepada calon yang ditetapkan.

Diwartakan sebelumnya, Irsyad Yusuf secara resmi telah menyerahkan formulir sebagai calon Bupati kepada PPP, di pendopo Kabupaten Pasuruan pagi tadi.

Baca Juga :   Dibangun MCK Komunal, Warga Pasuruan Diharapkan Tak Buang Hajat di Sungai

Sebagai incumbent, Irsyad Yusuf, sejak setahun lalu telah ditetapkan oleh PKB untuk kembali dapat memimpin Kabupaten Pasuruan.
Terakhir, dukungan hampir sepenuhnya diberikan oleh Partai Hanura, setelah melalui serangkaian tahapan panjaringan calon kepala daerah.

Diketahui untuk dapat maju sebagai pasangan calon di Pilkada nanti, setidaknya harus mendapatkan sokongan 25% suara atau 20% jumlah kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan.

PKB Kabupaten Pasuruan saat ini memiliki 12 kursi dari 50 jumlah anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, sehingga bisa saja langsung melenggang maju dan bertarung di Pilkada mendatang.

Namun, jika benar-benar mendapatkan sokongan dari Hanura (1 kursi) dan PPP (3 kursi), modal politik Irsyad Yusuf yang juga ketua PKB Kabupaten Pasuruan ini, bakal semakin besar menjadi 16 kursi. (ono/ono)