Besok, Ratusan Orang akan Balap Egrang dan Bangkiak di Nguling Pasuruan

1375

Pasuruan (wartabromo.com) – Ratusan peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pasuruan akan beradu kemampuan dalam olahraga tradisional yang digelar Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Pasuruan, Minggu (10/9/2017) besok.

Informasi yang dihimpun wartabromo.com, tiga cabang olahraga yang diperlombakan yakni olahraga balap egrang, Bangkiak atau terompah raksasa serta Dagongan telah dipenuhi oleh para peserta yang sudah terdaftar di panitia lomba.

“Hampir semua kecamatan telah mendaftarkan diri untuk mendelegasikan pesertanya, ” kata Khoirul Huda, Sekretaris Formi Kabupaten Pasuruan, Sabtu (9/9/2017).

Menurutnya, pihaknya bersama panitia telah mempersiapkan lokasi dan kebutuhan lomba yang baru pertama kali diadakan di se-Kabupaten Pasuruan tersebut. Bahkan, sejumlah panitia telah menyaksikan secara langsung antuasiasme masyarakat terhadap lomba – lomba yang selama ini nyaris punah di tengah masyarakat itu.

Baca Juga :   Perangkat dan Sekdes Diamankan Polisi, Balai Desa Cukurgondang Kayak Kuburan

“Saya menyaksikan sendiri, di Kecamatan Grati, para calon peserta sudah giat berlatih naik egrang, ” ujarnya.

Dijelaskannya, Formi Kabupaten Pasuruan baru saja dilantik pada pertengahan Agustus 2017 lalu. Namun, antusias pengurus untuk segera mensosialisasikan cabang – cabang lomba rekreasi kepada masyarakat sangat tinggi sehingga pada pertengahan September digelar perlombaan yang melibatkan masyarakat secara luas.

“Ibu Ketua Formi (Lulis Irsyad, red) berharap agar masyarakat secepatnya mengenal keberadaan FORMI dan olahraga rekreasi ini, ” tegasnya.

Untuk diketahui, Pasuruan Oltrad Competition 2017 yang digelar di Lapangan Nguling Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan memperlombakan sejumlah cabang olahraga yakni Dagongan (lomba adu kekuatan dengan bambu), Balap Egrang dan Bangkiak atau terompah raksasa. Rencananya perlombaan akan dimulai pada pukul 07.00 WIB. (**/**)

Baca Juga :   9 dari 10 Korban Tewas Teridentifikasi, 1 Asal Negara Austria