Dishub Jatim Tambah Rambu Peringatan di Perlintasan Tak Berpalang Pintu

1641

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Perhubungan Jawa Timur, menambah rambu peringatan di sejumlah perlintasan tak berpalang pintu. Sedikitnya terdapat empat rambu berupa sistem peringatan dini (Early Warning System/EWS) akan terpasang di wilayah Probolinggo dan Pasuruan.

Terlihat sejumlah pekerja sibuk melakukan pemasangan perangkat pengamanan ini di jalur perlintasan kereta, seputar perumahan Wismokerto termasuk di jalan raya Raci, Kecamatan Bangil, Senin (11/9/2017).

Salah satu pelaksana pengerjaan EWS, Bambang Sugeng menjelaskan, pemasangan rangkaian sistem pengaman di perlintasan kereta api ini telah dilakukan dalam beberapa hari kemarin.

“Pengerjaannya hampir bersamaan di empat perlintasan masing-masing di wilayah Pasuruan di Kecamatan Bangil dan Kecamatan Kraton. Sedangkan wilayah Probolinggo berada di Tongas dan Leces,” terang Bambang Sugeng.

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Ancam Cabut Ijin Pangkalan Elpiji Nakal

Secara teknis EWS di perlintasan kereta ini dijelaskan oleh Bambang meliputi sirene, lampu indikator arah kereta, rambu lampu, power suplai solar cell hingga pada perangkat keras pendukung lainnya.

“Satu titik rangkaian (EWS) rata-rata membutuhkan waktu selama dua minggu, sejak mulai pemasangan tiang hingga merakit instalasi listrik dan sistemnya,” ungkapnya panjang lebar.

Sistem Peringatan kereta (EWS) dijelaskan sebelumnya merupakan serangkaian sistem yang berfungsi untuk memberitahukan laju kereta api secara dini. Pihak Dishub berharap, dipasangnya sistem ini, dapat menghindarkan warga dari celaka kereta api.

Peringatan ini akan memberitahukan keberadaan kereta yang melaju sejauh 1,5 kilometer dari perlintasan kereta api tak berpalang pintu. (ono/ono)