Pekan KIM IX Jatim Digelar, Pemkab Probolinggo Kirim Delegasi

1175

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemkab Probolinggo terus memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi, agar mendapatkan nilai tambah dalam hidup bersosial. Untuk kepentingan tersebut, Pemkab Probolinggo mengirimkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Pekan KIM IX Jawa Timur, mulai 11-16 September 2017, di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dalam acara yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf itu, Pemkab Probolinggo Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) mendelegasikan KIM Melati, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan. Dengan tema ‘Revitalisasi Peran KIM Sebagai Jurnalisme Warga Menuju Masyarakat Informatif’ beragam agenda digelar selama sepekan penuh di Taman Chandra Wilwatikta.

Upaya pemkab Probolinggo disebut sebagai bentuk sikap menangkap pandangan Pemprov Jatim. Sebagaimana dikatakan oleh Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf dalam pembukaan KIM, Selasa (12/9/2017) lalu.

Baca Juga :   Erupsi Berkepanjangan, PVMBG Bandung Teliti Gas Beracun Bromo

“KIM hadir agar masyarakat mampu mengenali masalah di sekitarnya dengan baik, menyelesaikan, mencari solusi, mengambil keputusan serta bekerjasama untuk melaksanakan keputusan itu. Dengan menyelesaikan masalah-masalah kecil di tempat masing-masing, akhirnya akan menghadirkan suatu hal yang besar di masa-masa yang akan datang,” kata Gus Ipul.

Lebih rinci dilanjutkan oleh Gus Ipul, panggilan akrab Wagub Jatim, KIM dinilai mampu menghapus kesenjangan antara desa dengan kota.

“KIM dengan teknologi yang dimilikinya, akan menghapus kesenjangan antara desa dan kota. Karena bisa menyampaikan informasi yang dimilikinya langsung ke warga-warga desa,” ujar Gus Ipul.

Dalam pameran itu, KIM Melati yang diketuai Hartini, menampilkan aneka produk makanan olahan. Seperti Kripik Bonggol Pisang, Rengginang Udang, Abon Tonggkol, Onde-onde Ketawa, Dendeng lemuru, Krupuk ikan Jenggelek dan Rengginang Daun Mangga. Serta MATORAMA yaitu Manisan Tomat Rasa Kurma, yang paling menjadi andalan.

Baca Juga :   Dikelola Banser, Parkir Pantai Bentar Ramai Dibincang Netizen

“KIM Melati dalam pemasaranya sudah menggunakan aplikasi berbasis internet. Jadi pelanggan yang dari luar kota bisa memesan melalui online dengan alamat kimmelati.blogspot.go.id,” kata Kepala Bidang Aplikasi dan TIK Diskominfo Ir.Sugeng Raharja.

Menurut Kadiskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan dengan pemerintah.

“KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat juga berperan sebagai penyebar (diseminator) informasi pada masyarakat terkait informasi kebijakan sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari kebijakan tersebut. Dibutuhkan serangkaian langkah penyiapan SDM agar kapasitas KIM dapat meningkat. Dengan adanya SDM yang peduli pada KIM, aktivitas pokok berupa pengelolaan maupun penyebarluasan informasi dapat berjalan optimal,” terang Tutug. (saw/saw)