Panwas Probolinggo Akan Rekrut 72 Panwascam

1299


Probolinggo (wartabromo.com) – Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2018, Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Probolingggo membutuhkan 72 komisiones panwaslu kecamatan (Panwascam). Rekruitmen itu akan dilakukan pada tanggal 22-28 September 2017.

Kebutuhan 72 orang Panwascam itu, sesuai dengan jumlah 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Dimana setiap kecamatan akan memiliki 3 komisioner panwascam dalam pilkada serentak tahun depan. Petugas ini, akan menjadi kepanjangan tangan dari Panwaslu Kabupaten.

Sejak hari ini, sampai tanggal 21 September, Panwaslu mulai melakukan sosialisasi perekrutan. “Ya mulai hari ini, sosialisasi itu dilakukan melalui media sosial dan selebaran yang ditempel di setiap kecamatan. Sudah ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan, Senin (18/9/2017).

Baca Juga :   DLH Geram Rekomendasi Diabaikan PG

Setelah sosialisasi selama tiga hari, tahap selanjutnya adalah pembukaan pendaftaran mulai 22-28 September 2017. Masyarakat yang berminat, dapat mengirimkan berkas pencalonanya diserahkan ke kantor Panwaslu Kabupaten Probolinggo, di kompleks SMPN1 Kraksaan, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan.

Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar, selain foto kopi ktp dan ijasah. Diantaranya tidak pernah tersangkut hal kriminal dengan dibuktikan dengan surat dari pengadilan. Kemudian keterangan terbebas dari narkoba dengan dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit.

“Untuk berkas yang belum lengkap, kami tunggu hingga 30 September. Tapi alangkah baiknya, sudah lengkap saat mendaftar, biar tidak bolak-balik,” kata mantan Panwaslu Pemilu 2014 ini.

Baca Juga :   Sudah 6 Jam, Sopir Trailer Masih Terjebak di Dalam Kendaraan

Bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan, akan mengikuti ujian tes rekuitmen panwascam oleh Bawaslu Jatim. Ujian serentak se Jawa Timur ini, akan digelar pada 7-9 Oktober 2017, di Surabaya. (cho/saw)