16:35 - Senin, 23 Oktober 2017
Rabu, 11 Oktober 2017 | 09:54

Pasuruan Kerahkan Relawan, Angkut 6 Ton Sayur Ke Pengungsi Gunung Agung

Pasuruan (wartabromo.com) – Kabupaten Pasuruan kerahkan relawan, membantu penanganan pengungsi, korban bencana Gunung Agung Bali. Pengerahan untuk kepedulian sosial ini juga membawa bantuan logistik berupa puluhan ribu masker hingga 6 ton sayur mayur.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengapresiasi upaya relawan bersama BPBD Kabupaten Pasuruan yang tergerak untuk memberikan bantuan kepada korban bencana.

“Saya berpesan jaga nama baik Pasuruan,”ungkap Irsyad Yusuf di Pendopo Kabupaten Pasuruan,

Selanjutnya, Irsyad Yusuf memastikan, diberangkatkannya relawan bersama-sama dengan BPBD ini, tidak menggangu ikhtiar penanganan maupun penanggulangan bencana seperti kekeringan yang saat ini dirasakan sebagian warga di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Sudah ada penjelasan dan jaminan dari Kepala BPBD, bahwa kegiatan membantu pengungsi Gunung Agung, tidak menggangu upaya penanganan bencana seperti kekeringan di Kabupaten Pasuruan,” tambahnya.

Sedangkan Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana menuturkan, pihaknya mewadahi keinginan dan semangat masyarakat yang tergerak menuju Bali, membantu para pengungsi.

Dijelaskan pada misi kemanusiaan kali ini, terdapat tiga tim rescue asal Kabupaten Pasuruan, yakni USSAR (Untung Suropati SAR), Ketan Koya Rescue dan Gayatri Rescue.

Bersama BPBD, ketiga tim rescue terkemuka di kabupaten Pasuruan ini, terkumpul berjumlah 22 personil (expert) yang nanti menyasar wilayah pengungsian di Karangasem, Bali.

“Kami mewadahi komponen masyarakat untuk bersama-sama membantu korban bencana Gunung Agung. Ini juga untuk merefresh tenaga (tim rescue lain) yang saat ini masih bekerja di sana,” ujar Bakti, di pendopo Kabupaten Pasuruan,

Dituturkan kemudian, selain personil, Kabupaten Pasuruan akan memenuhi kebutuhan sayur mayur seperti kentang maupun wortel berjumlah mencapai lebih dari 6 ton.

Bantuan sayur sebagai penyeimbang asupan gizi pada pengungsi ini, masih dimungkinkan untuk bertambah. “Beberapa warga, khususnya Tosari masih menyusulkan bantuan sayuran,” tambah Aris, anggota BPBD Kabupaten Pasuruan.

Selain sayur mayur, bantuan logistik lain seperti selimut, masker (48 ribu masker) hingga kebutuhan popok maupun air bersih juga diangkut untuk nanti dibagikan kepada korban bencana Gunung Agung.

Diterangkan sebelumnya, kondisi Gunung Agung hingga saat ini berada pada status awas level 4. Ratusan ribu warga sekitar Gunung Agung saat ini masih bertahan di tempat-tempat pengungsian, diantaranya Desa Karangasem hingga Klungkung, Bali. (ono/ono)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Tuding Penahanan Penuh Rekayasa, Warga Lurug Polres Probolinggo

Mesin Konslet, Kapuk Siap Jual Ludes Dilahap Api