07:28 - Senin, 20 November 2017
Kamis, 19 Oktober 2017 | 21:34

Kapiten Terfavorit di Ajang Pameran Kopi Internasional

Jakarta (wartabromo.com) – Kapiten (Kopi Pasuruan) ditetapkan menjadi kopi terfavorit dalam World Plantation Conferences and Exhibition (Pameran dan Konferesni Perkebunan Dunia) di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Kopi yang disodorkan dan menjadi favorit itu merupakan jenis arabika dari kelompok tani Sumber Makmur Abadi, Dusun Cowek, Jatiarjo Kecamatan Prigen, Pasuruan.

Disebutkan, kapiten bersaing dengan kopi dengan nama-nama mentereng seperti kopi Toraja, Aceh bahkan Bali.

Ajang internasional ini, disebut menjadi salah satu bagian upaya mengangkat potensi daerah. Dalam perkembangannya, diharapkan lebih meningkatkan derajat perekonomian warga Pasuruan.

Kopi Arabica Organik dari Kelompok Tani Sumber Makmur Abadi itu sengaja dijagokan pada ajang bergengsi kali ini. Kopi andalan Pasuruan tersebut, merupakan satu-satunya kopi di Jawa Timur yang bersaing dengan kopi-kopi dari daerah lain di Indonesia.

“Alhamdulillah, Kapiten Pasuruan jenis arabika merupakan kopi arabika terfavorit di indonesia,” ungkap Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Kamis (19/10/2017).

Kapiten menjadi favorit setelah dinilai memiliki cita rasa berbeda dengan kopi pada umumnya, selain pengemasan hingga jumlah pengunjung yang mencicipi Kapiten Pasuruan.

“Kebetulan saya sendiri pas di lokasi benar-benar kewalahan melayani banyaknya pengunjung yang penasaran mencoba Kapiten Pasuruan, mulai dari pengunjung biasa sampai bule-bule dari luar negeri,” lanjuy Irsyad.

Bahkan, diantara ratusan pengunjung yang antre ingin mencicipi sekaligus memborong Kapiten Pasuruan adalah Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK).

Kata Irsyad, JK memuji kenikmatan Kapiten Pasuruan sebagai kopi yang beraroma kuat, serta memiliki rasa yang mantab. Diperkirakan itulah yang membuat Kapiten Pasuruan menjadi salah satu magnet kapiten dalam event tahunan ini

“Kalau yang nyicipin itu Pak JK dan memuji, maka sudah pasti kopi kita benar-benar enak dan mantab. Saya jadi lebih terpacu untuk terus mengembangkan Kapiten Pasuruan, lebih besar lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. RPN (Riset Perkebunan Nusantara), DR.Ir. misnawi menyerahkan langsung piagam penghargaan kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan.

“Saya lihat Bupati-nya luar biasa dalam mengembangkan Kapiten Pasuruan. Contoh sederhana dari stan Kapiten Pasuruan yang sangat menarik. seolah-olah mengajak kita untuk nongkrong di cafe atau gerai kopi yang modern dan artistik,” ujar Misnawi.

World Plantation Conferences and Exhibition (Pameran dan Konferensi Perkebunan Dunia) diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, pada 18-20 Oktober 2017.

Pasuruan masih memiliki peluang untuk meraih target tiga besar di ajang ini, setelah Pasuruan mencatatkan diri menjadi Top 16 Kopi Terbaik se-Indonesia tahun 2017. (mil/ono)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Sruput Kapiten, JK : Enak dan Mantab!

Seru, Adu Kreasi Mading 3D Rayakan HSN