Waspada! 9 Kecamatan Ini Rawan Longsor

961

Probolinggo (wartabromo.com) – Musim hujan sudah mulai turun di sebagian wilayah Kabupaten Probolinggo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo pun melakukan pemetaan dan 9 kecamatan dinyatakan sebagai daerah rawan longsor.

Ke-sembilan kecamatan itu adalah Lumbang, Sukapura, Sumber, Gading, Pakuniran, Kuripan, Tiris, Kotaanyar, dan Krucil.

“Pemetaan sendiri dilakukan menjelang musim hujan. Semuanya merupakan daerah di dataran tinggi. Di sana, banyak tebing yang mudah longsor saat hujan turun,” ujar Kepala Pelaksana BPBD setempat, Anung Widiarto, Kamis (19/10/2017).

Anung menjelaskan BPBD telah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) dan Dinas Pekimpetan (Pemukiman, Kawasan Perumahan dan Pertanahan) untuk mencegah terjadinya tanah longsor. Sebab, mereka yang mempunyai wewenang terhadap pembangunan yang mungkin terimbas bencana.

Baca Juga :   Parpol Hilang Akal

“Kalau BPBD kan sifatnya kedaruratan. Soal insfratruktur kewenangan dinas PU,” katanya.

Sementara untuk mengantisipasi bencana, pihaknya menurut Anung, telah melakukan berbagai persiapan. Seperti, pemetaan daerah yang rawan longsor, dan menyiapkan beberapa alat untuk pertolongan pertama kebencanaan sebagai respon reaksi cepat saat bencana terjadi.

“Kami juga menggelar apel kesiapan peralatan beberapa waktu yang lalu. Apel ini untuk melihat alat apa saja yang bisa digunakan saat terjadi bencana,” terang Anung.

Selain itu, BPBD juga telah melakukan kontigensi dengan beberapa aparat untuk sama-sama bertindak ketika keadaan darurat. “Kontigensi ini adalah upaya kerjasama dengan pihak lain untuk melakukan aksi saat ada bencana. Seperti kepolisian, Kodim, dan Pemkab,” jelasnya.

Baca Juga :   ASN Pemkot Probolinggo Cabuli Anak Tiri

Upaya lain yang dilakukan BPBD, yakni melakukan sosialisasi dan membentuk desa tangguh bencana (Destana). Tujuannya, memberikan pendidikan dini kepada warga agar selalu siap siaga menghadapi bencana. (cho/saw)