Pemuda Yang Dipasung Asal Probolinggo Ini Akan Diobati Ke Lawang

1175

Probolinggo (wartabromo.com) – Masih ingat dengan Agus Tiranda (21), pemuda yang tiga tahun terakhir dipasung keluarganya, pasca kecanduan pil koplo?. Putra sulung pasangan Kurnadi dan Lilik ini, dipastikan akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Lawang, Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat.

Rencana itu segera terwujud setelah Kapolresta Probolinggo AKBP. Alfian Nurrizal, Psikiater RSUD Dr Moch Saleh, serta perwakilan dari Puskesmas Kedopok, mengunjungi Agus, Sabtu (21/10/2017) siang. Tim gabungan ini, akan membawa warga RT4/RW4 Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo ini, pada Senin (23/10/2017) mendatang.

“Kalau dari keterangan orang tuanya, si Agus ini tidak mau berkomunikasi. Tapi setelah kami dekati, kami berikan makanan dan minuman, yang bersangkutan ternyata bisa berkomunikasi. Boleh dikata, selama ini mungkin kurang perhatian saja. Insya Allah, Senin nanti sudah bisa dirujuk, sembari kita menyiapkan surat-suratnya,” ujar AKBP Alfian Nurrizal.

Baca Juga :   Kecelakaan Tunggal 'Ayla' di Jalan Tol, Ini Kata Polisi

Dari pemeriksaan secara fisik oleh tim medis, diketahui berat badan Agus sudah tidak ideal bagi pemuda seusianya. Tak hanya itu, tulang dada Agus mengalami pergeseran dari posisinya, yang menonjol di bagian kiri. Diduga hal itu dikarenakan pola duduk dan tidur yang tidak baik selama dipasung.

“Kalau kejiwaannya kami sulit memprediksi. Yang menjadi prioritas kami saat ini adalah untuk memulihkan kondisi fisiknya dulu. Tentunya juga, pengobatan untuk penyakit kejiwaannya juga ditangani,” kata dr. Khusnul Yaqin, dokter umum Puskesmas Kedopok, sesuai memeriksa fisik Agus.

Seperti wartakan sebelumnya, Agus Tiranda, dipasung keluarganya selama tiga tahun terakhir. Pasungan itu dilakukan setelah yang bersangkutan mengalami overdosis pil koplo, hingga mengamuk tidak karuan. Agus juga kerap meracau dan pergi dari rumah dan tidak kembali. Karena pertimbangan itulah, keluarga kemudian memasungnya di kamar belakang. (fng/saw)