15:11 - Minggu, 23 November 1687
Senin, 23 Oktober 2017 | 09:45

Refreshing Dulu Yuuk di Eduwisata Perah Susu Probolinggo

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebuah kampung sentra sapi perah, di Kabupaten Probolnggo, sajikan eduwisata bagi pelajar untuk memerah susu secara langsung. Selain refresing, para pelajar ini dikenalkan cara hasilkan susu segar dan cara merawat sapi yang ramah lingkungan.

Segar, higinis, penuh protein, dan so pasti menyehatkan. Begitulah yang dirasakan saat para siswa meminum susu segar yang baru diperah dari seekor sapi perah di komplek sentra peternakan sapi perah Desa Bermi, Kecamatan Krucil.

Sebagai sentra peternakan sapi, lokasi milik Suloso, manajer KUD Argopuro ini, juga disulap jadi jujukan eduwisata. Yaitu kenalkan cara merawat dan memerah sapi yang ramah lingkungan.

Edu wisata inipun menyasar  pelajar, seperti puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri Krucil 1, beberapa waktu lalu.

Selain refresing, mereka belajar secara langsung cara hasilkan susu segar. Bagimana memerah susu, mengolahnya hingga siap untuk dikonsumsi.

“Kesini merah susu, iya belajar, sebelumnya pernah memerah. Gampang gak susah,” ujar salah satu siswa Ayusnia Ayu Komariah.

Bonusnya, para siswa bisa langsung menikmati susu segar yang baru diperah. Sehat dan so pasti menyegarkan bagi tubuh. “Segar, enak… beda dengan susu kotak. Ini lebih segar dan gurih,” timpal Dio Putra, siswa lainnya.

Lokasi sentra sapi perah ini, dirintis oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Agropuro Krucil sejak tahun 1981. Selain kondisi alam yang sejuk menyegarkan, lokasi ini juga sangat tepat untuk pengembangan ternak sapi dan kambing segala jenis.

Keberadaan sentra sapi perah ini, telah menjadi salah satu penyokong ekonomi warga disini. Dari data KUD Argopuro, populasi sapi mencapai 4.500 ekor sapi dan mampu menghasilkan susu sapi segar sebanyak 33 ribu liter per-hari. Kedepan, edu wisata akan terus dikembangkan menjadi destinasi wisata ramah lingkungan.

“Kalau jaman kecil kita sudah biasa dengan istilah empat sehat lima sempurna, anak-anak saat ini sudah lupa dengan empat sehat lima sempurna, khusunya yang lima. Nah ini kita kenalkan dengan edukasi di peternakan susu mulai dari sapi yang mengeluarkan air susu. Kita terangkan manakala dicukupi nustrisinya, baik dari rumputan hijau dan makanan tambahan, maka sapi itu akan mengeluarkan susu yang bagus. Anak-anak kita beri wawasan edukasi minum susu insyallah sehat dan cerdas,” terang Suloso, manajer KUD Argopuro.

Untuk masuk lokasi ini, pengunjung hanya cukup menghubungi petugas tanpa merogoh kocek untuk tiket masuk. Mereka bisa menikmati sepuasnya susu segar yang baru diperah. (saw/saw)

Komentar Anda

Komentar

Fun, Taklukkan Tantangan Bromo Marathon 2017

Geluti Mangga Alpukat, Apa Sih Keinginan Ketua DPRD Pasuruan??