Paus Mati Terlantar di Pesisir Tongas

1247

Probolinggo (wartabromo.com) – Seeokar paus mati terdampar di pesisir Tongas, Kabupaten Probolinggo, Senin (30/10/2017) pagi. Paus raksasa ini, pertama kali ditemukan warga nelayan setempat dalam kondisi mati di lepas pantai. Hingga saat ini, terlantar dan belum ada satupun petugas rescue ke lokasi paus mati.

Paus raksasa di pantai Mendoan Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas itu terbujur kaku dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Berdasarkan informasi nelayan, paus dengan ukuran sekitar 5 meter itu, ditemukan mengambang di tengah laut. Posisi lokasi penemuan berada sekitar 3 kilometer dari bibir pantai Mendoan atau di perairan utara Probolinggo.

“Paus itu sudah lima hari di tengah laut dan dibiarkan oleh nelayan yang mencari ikan. Selama lima hari itu, posisi paus bergerak tidak terlalu jauh dari penemuan awal,” tutur Muji, salah satu nelayan.

Baca Juga :   Kabupaten Pasuruan kembali meraih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Karena sudah 5 hari terombang-ambing ombak dan arus Selat Madura, oleh nelayan paus raksasa itu kemudian dipinggirkan. Caranya dengan menyeretnya menggunakan dua perahu nelayan.

“Ya kami gunakan dua perahu untuk menyeretnya, rencananya paus itu akan dikubur oleh nelayan,” ujar pria paruh baya ini.

Namun, cuaca yang sangat panas membuat penguburan paus itu ditunda. Hingga saat ini, belum ada petugas dari Dinas Perikanan setempat, yang datang untuk melakukan tindakan atau penanganan terhadap bangkai ikan ini. (lai/saw)