15:11 - Kamis, 24 November 0310
Jumat, 3 November 2017 | 19:18

Masih Peringkat 4, Mangga Indonesia Diyakini Jadi Jawara Dunia

Pasuruan (wartabromo.com) – Mangga Indonesia disebut masih nomor empat di dunia. Dengan 400 varietas atau jenis mangga, Indonesia bakal terus berkembang dan diyakini tembus menjadi jawara di dunia.

Potensi mangga tersebut diungkapkan Kepala Puslitbang Hortikultura Dr Hardiyanto usai acara Gelar Perbenihan dan Sumber Daya Genetik Mangga, bertema “Masalisasi dan Hilirisasi Teknoligi Inovatif Buah Tropika” di KP Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jumat (3/11/2017) sore.

Menurutnya, dari sisi produktivitas, Indonesia menduduki ranking 4 sejak tahun 2012 silam.

“Indonesia ini hebat. Sebab, ada 400 varietas atau jenis mangga di Indonesia yang berkembang. Beberapa diantaranya sudah mendapatkan pengakuan dan bahkan dikembangkan,” ujarnya.

Sampai saat ini, proses penelitian dan pengembangan varietas masih terus dilakukan. Selanjutnya, hasil penelitian tersebut bisa menjadi prasyarat untuk dipatenkan.

Hak paten ini harus menjadi perhatian dan prioritas. Dicontohkan, mangga alpukat milik Pasuruan, yang telah mendapatkan sertifikasi hak paten dan telah mulai berkembang. Terkadang diperlukan waktu puluhan tahun untuk mematenkan sebuah jenis mangga.

“Kalau yang belum kami patenkan itu berarti kami masih kembangkan, termasuk ada varietas baru yang kami kembangkan juga yakni mangga pisang,’ imbuh Hardiyanto.

Ditegaskan kemudian, Indonesia ini masih bisa merangsek ke papan atas menggeser India, China dan Thailand. Namun, seluruh stakeholder harus saling bahu membahu bergerak mengembangkan potensi mangga.

Dikatakan, luasan lahan mangga di Indonesia saat ini, sekitar 165 ribu hektar lebih. Luasan tersebut masih dimungkinkan untuk dioptimalkan lagi.

“Indonesia masih bisa lah menggeser Thailand dan China. Toh mangga Indonesia ini tak kalah dengan mangga luar negeri,” ungkap dia.

Sementara salah satu petani asal Indramayu, Jawa Barat, Urip mengakui, mangga Indonesia sangat luar biasa. Salah satu yang dibudidayakan jenis agrimania, memiliki ukuran jumbo dengan berat mencapai lebih 2 Kilogram (kg).

“Mangga Agrimania. Rasanya manis. Tiap tahun bisa panen lebih dari 700 kwintal. Mangga ini di Jawa Barat menjadi primadona,” Kata Urip Bangga. (man/ono)

Komentar Anda

Komentar

Kemarau, Produksi Madu di Probolinggo Anjlok

Cerita Cantiknya Kaligrafi Serbuk Kayu di Probolinggo