15:11 - Sabtu, 23 November 4644
Minggu, 12 November 2017 | 17:48

Ini Lhoo Cara Nelayan Probolinggo Bersyukur

Probolinggo (wartabromo.com) – Nelayan Kota Probolinggo mempunyai cara yang unik untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan YME. Cara unik itu adalah dengan menggelar lomba manuver perahu di lautan saat mencari ikan.

Dengan hiasan aneka warna, sedikitnya 30 perahu milik nelayan beradu ketangkasan dalam lomba manuver perahu. Lokasinya berada di perairan laut utara Pelabuhan Perikanan Mayangan, Kota Probolinggo.

Mereka mempertunjukkan cara bermanuver menggunakan perahu, saat tengah mengejar gerombolan ikan di lautan. Manuver yang kerap dilakukan nelayan Probolinggo itu, dikatakan untuk mempermudah nelayan saat menangkap ikan dengan jaring.

“Manuver perahu ini sangat diperlukan saat mencari ikan. Biasanya dalam manuver ini, kami juga menebar jaring yang digunakan untuk menangkap ikan. Kalau lamanya tergantung, kadang dilakukan selama 15 menit atau lebih, hingga ikan terkumpul,” ujar Abu Hasan, salah satu nelayan.

Tentunya, mereka yang ikut dituntut memiliki skill dan kemampuan yang baik, saat mengendalikan perahu. Tak hanya itu, dalam lomba ini, nelayan juga harus memiliki kemampuan dalam menghias perahunya, agar nampak cantik dan unik.

“Tidak salah rasanya, jika kami mengungkapan rasa syukur kami sebagai seorang nelayan dengan cara ini. Hitung-hitung juga sebagai latihan, karena akan meningkatkan skill kami,” timpal Ahmad, rekan sejawat Abu Hasan.

Sementara itu, pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo Budi Krisyanto, menyampaikan, lomba manuver perahu merupakan cara meningkatkan kecintaan nelayan Probolinggo terhadap perahunya. Karena dengan perahu itu, mereka memperoleh penghasilan dari mencari ikan.

“Diharap juga bisa menjadi wadah bagi para nelayan Probolinggo, yang hendak belajar bermanuver perahu. Tujuannya, bisa pandai saat menghadapi gelombang besar, saat melaut,” tandas Budi. (lai/saw)

Komentar Anda

Komentar

Dishub Kota Probolinggo : e-Tilang Berbasis CCTV Hoax

Dikelola Banser, Parkir Pantai Bentar Ramai Dibincang Netizen