15:11 - Selasa, 23 November 1773
Senin, 13 November 2017 | 13:24

Wuih!! Jaksa Blusukan Ke Sekolah-Sekolah di Pasuruan, Ada Apa???

Bangil (wartabromo.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan, mulai hari ini, Senin, 13 Nopember 2017, akan mendatangi sekolah-sekolah. Aksi blusukan itu merupakan program jaksa masuk sekolah (JMS) untuk mengenalkan dunia hukum sejak dini ke pelajar.

Kali ini, jaksa menyasar SMP Negeri 1 Bangil. Tercatat 370 pelajar tumplek blek menyimak materi hukum yang disampaikan sejumlah jaksa di kegiatan yang dilangsungkan di masjid sekolahan itu.

Terlihat, Kasi Intelijen I Wayan Oja Miasta bersama Jaksa Fungsional Hanis Aristya Hermawan, memberikan pembekalan,  memperkenalkan hukum, sehingga dapat menjauhi permasalahan hukum.

Secara spesifik dikatakan, pelajar ini mendapatkan informasi hukum terkait kejahatan korupsi, terorisme, bahaya narkoba sampai dengan kejahatan teknologi.

“Kami mencoba mengenalkan hukum sejak dini, sekaligus mendekatkan diri sebagai salah satu penegak Hukum dengan Masyarakat,” ujar I Wayan Oja Miasta.

Dijelaskan, program Jaksa Masuk Sekolah, tidak hanya memberikan penerangan hukum secara langsung seperti yang dilakukan di masjid sekolah pagi tadi. Bentuk lain yang dilakukan, antaranya juga menjadi Inspektur upacara pada hari Senin.

Pihaknya telah melakukan penjadwalan bersama Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama, untuk kemudian mendatangi tiap sekolah, mulai SD, SMP dan SMA Sederajat di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Jadi sebagai langkah awal kepimpinan Kepala Kejari, H. Muh Noor yang baru dilantik. Program JMS ini meneruskan apa yang digariskan oleh Kejaksaan Agung,” pungkasnya.

Pihak sekolah secara umum menanggapi positif aksi blusukan jaksa ini. Bahkan, beberapa guru berharap kegiatan terus berlanjut secara periodik. Pasalnya, hal ini termasuk dalam penguatan pendidikan para pelajar, di luar materi sekolah sehari-hari. (ono/ono)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Shafira Munawaroh, Da’i Cilik Probolinggo Juarai Lomba Dakwah Pencegahan Narkoba se-Jatim