Lima Rumah di Probolinggo Tertimpa Tanah Longsor

992

Probolinggo (wartabromo.com) – Guyuran hujan terus menerus terjadi sejak siang hingga malam hari, mengakibatkan tanah longsor di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Selasa (21/11/2017). Dilaporkan tidaknada korban dalam peristiwa ini, namun sedikitnya lima rumah warga rusak diterjang tanah longsor.

Berdasarkan informasi yang didapat wartabromo.com, hujan deras di wilayah itu terjadi sejak pukul 14.00 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi ini, baru berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Akibat guyuran itu, membuat sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter yang berada di belakang rumah Ngapiari, warga Dusun Sapeh Rejo alami longsor. Tak hanya itu, rumah Tujar yang berdekatan dengan rumah Ngapiari juga terkena longsoran tanah.

Baca Juga :   Diparkir di Halaman Rumah, Motor Guru Ngaji Raib

Selain longsor di Dusun Sapeh Rejo, peristiwa serupa juga terjadi di sejumlah titik di desa lainnya. Tercatat longsor itu juga ada di Dusun Terop yang melanda rumah milik Lina dan Wati. Kemudian juga ada rumah milik Sunarto, warga Dusun Tersono, yang terkena longsor.

Beruntung dalam peristiwa itu, keluarga pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri.

“Hujan yang deras sepanjang hari membuat struktur tanah menjadi labil. Sehingga, tebing yang ada di belakang rumah alami longsor. Ada sebagian dinding di belakang rumahnya jebol,” ujar Batuud Koramil Lumbang Peltu Bambang, Rabu (22/11/2017).

Pada keesokan harinya, warga bersama muspika setempat bekerja bakti membersihkan material longsoran. “Kami berkoordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo, untuk menangani kedaruratan dahulu. Selanjutnya, kami akan memberikan bantuan, namun besarannya disesuaikan dengan tingkat kerusakan di masing-masing rumah yang mengalami musibah,” terang Camat Lumbang Bambang Hariwahjudi. (cho/saw)