Antisipasi Longsor, Tiga Desa di Kecamatan Tosari Dibangun Penahan Tebing

1048

Pasuruan (wartabromo.com) – Antisipasi terjadinya bencana tanah longsor, Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah membangun penahan tebing di wilayah pegunungan dan perbukitan. Setidaknya, terdapat tiga desa di wilayah Kecamatan Tosari dilaporkan telah terdapat penahan tebing.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana melalui aplikasi chat menjelaskan, tiga desa yang dibangun penahan mirip plengsengan tersebut yakni Wonokitri, Baledono dan Ngadiwono.

Namun demikian, Bakti memperkirakan penahan tebing dimungkinkan banyak dibangun di areal perbukitan ataupun pegunungan lainnya di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Dari Dinas Pariwisata melalui Dinas Perkim (Perumahan dan Kawasan Permukiman) juga ada. Dan (penahan tebing) sepertinya tidak hanya di tosari,” ungkap Bakti, Kamis (23/11/2017).

Baca Juga :   Pekan Depan, DPRD Pasuruan akan Mulai Bahas R-APBD 2015

Selanjutnya, pada musim penghujan kali ini, pihaknya juga telah mempersiapkan personil dan peralatan tanggap darurat.

Persiapan oleh BPBD itu, disebut sebagai aktivasi tim reaksi cepat (TRC) BPBD di lokasi setiap wilayah Kabupaten Pasuruan yang rawan longsor.

“Aktivasi TRC BPBD. Personilnya relawan, POL PP, Dinas Kesehatan, Muspika dan Pemdes. Personil tetapnya sekitar 5-10 orang,” terangnya. (ono/ono)