Tinggalkan Kerangka, Pencuri Gondol Diesel Traktor Kelompok Tani

1717

Probolinggo (wartabromo.com) – Satu unit mesin traktor milik kelompok tani Jatiasri di Dusun Bukkol, Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan, raib digondol maling, Senin (27/11/2017). Ironisnya, pelaku hanya mengambil mesinnya, sedangkan badan traktor tetap dibiarkan utuh.

Aksi pencurian itu diketahui oleh Mauji (50), pengelola traktor, sekitar pukul 4.00 WIB. Saat itu, Muaji melihat gerobak traktor bergeser ke arah utara atau di depan rumah. Padahal, biasanya gerobak dan traktor itu menghadap ke arah barat dan posisinya di samping rumah.

“Karena curiga, suami saya keluar dan memeriksanya,” ujar Zubaidah, istri Muaji.

Setelah diperiksa, rupanya mesin diesel traktor sudah tidak ada. Traktor yang biasa diparkir di samping rumah itu, tinggal kerangka saja.

Baca Juga :   Sweeping Truk Raw Sugar, Polresta Akan Panggil LSM Lira

“Saya heran dengan pencurian ini, karena yang dicuri hanya mesin traktor. Sementara body traktornya tidak diambil. Anehnya lagi, satu traktor lainnya yang berada di sawah malah tidak diambil,” kata Zubaidah keheranan.

Petugas Polsek Pajarakan yang mendapatkan laporan pencurian itu, kemudian mendatangi lokasi. Polisi kini menyelidiki kasus yang diduga dilakukan oleh maling yang sudah kawakan.

“Kami duga pelaku sudah ahli dalam melancarkan pencurian mesin traktor tersebut. Terbukti pelaku berhasil membongkar mesin traktor dan menggondolnya,” kata Kapolsek Pajarakan, AKP. Kukuh Junar Efendi.

Akibat pencurian itu, korban mengalami kerugian materi sebesar Rp. 13 juta. Korban berharap pelaku segera ditangkap dan mesin diesel dikembalikan, karena merupakan aset bersama kelompok tani. (cho/saw)