20:03 - Senin, 11 Desember 2017
Selasa, 28 November 2017 | 12:03

Haul Kyai Hamid Disebut Salah Satu Penjaga Kedamaian Bangsa

Pasuruan (wartabromo.com) – Haul Kyai Hamid disebut-sebut membantu membantu menjaga kedamaian bangsa Indonesia. Pasalnya, acara ini memjadi ajang berkumpulnya kyai-kyai besar di nusantara.

Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, saat memberikan sambutan di puncak acara Haul KH. Abd Hamid ke-36, di Pondok Pesantren Salafiyah Kota Pasuruan, Selasa(28/11/2017).

Wagub Jatim yang biasa disapa Gus Ipul ini, terkagum-kagum dengan cara para kyai dan ulama’ dulu. Dikatakan, cara mengajar kyai kepada santri mendekatkan diri kepada allah dan mencintai Nabi Muhammad, juga disertai memupuk cinta tanah air, bangsa Indonesia.

Dikatakan kemudian, Majelis ini juga menjadi ajang reuni para kyai dan ulama’ di tanah air khususnya wilayah Jawa Timur, baik dari kyai berasal dari Kota maupun pelosok desa.

Iapun mengaskan, haul Kyai Hamid merupakan majelis yang membantu menjaga kedamaian dan ketentraman bangsa indonesia.

“Disinilah antara kyai saling terhubung sama lain, sehingga membantu kedamaian bangsa Indonesia,” ucap Gus Ipul.

Hal itu dibuktikan dengan kehadiran para kyai dan ulama’ tidak hanya tentang aqidah, melainkan juga bersedia mendatangi kegiatan majelis semacam haul ini, sebagaimana telah diajarkan oleh kyai-kyai di zaman dulu.

“Seperti majelis manaqib, maulid, serta haul,” lanjut saiful.

Sementara dalam puncak haul kali ini, selain pejabat daerah, sejumlah tokoh politik terlihat hadir, seperti Abdullah Azwar Anas hingga La Nyalla Mattalitti. (ozi/ono)

 

Bertemu di Juanda, Gus Ipul Minta Doa Ketua DPP NasDem Hasan Aminuddin

Nyalla Yakinkan Bangun Poros Baru Hadapi Pilgub Jatim 2018