Sebelum Listrik RS Soedarsono Padam, Sempat Terdengar Ledakan di Ruang Panel

0
39

Pasuruan (wartabromo.com) – Suara ledakan sempat terdengar disusul kepulan asap di ruang panel pengatur listrik, yang berada di sisi utara komplek RSUD R Soedarsono Kota Pasuruan. Kepanikan pun sempat terjadi tatkala diketahui, ledakan mengakibatkan listrik seluruh komplek rumah sakit padam.

Salah satu sekuriti, Hadi Sulistyono bersama sejumlah rekannya mengaku sempat terkejut, ketika mendengar suara ledakan.

“Dar, gitu tadi suara, dan suara itu beda dengan biasanya,” kata Hadi.

Disebutkan, suara ledakan itu terdengar cukup jelas, karena pos sejumlah sekuriti berkumpul, berjarak sekitar 20 meter dari ruang jaringan listrik itu.

Dikatakan, waktu itu seorang sekuriti langsung menuju asal suara ledakan. Namun, suasana kemudian menjadi menegangkan setelah asap hitam muncul di sela-sela seluruh atap ruang panel.

Mereka pun menyadari telah terjadi kebakaran, hingga tanpa berpikir panjang, langsung  melakukan upaya-upaya pencegahan.

“Kami langsung ambil alat pemadam (alat pemadam kebakaran ringan/APAR),” lanjut Hadi.

Namun, para sekuriti sempat kebingungan, karena pintu ruang panel terkunci, sementara asap hitam kian tebal membumbung tinggi.

Tidak berapa lama salah satu petugas datang dengan membawa palu besar (amer) dan pintu ruangan terbakar itupun terbuka. Saat pintu terbuka, api terlihat sudah membesar di hampir seluruh ruangan panel.

Dilanjutkan oleh Hadi, terdapat lima petugas sekuriti dengan APAR di tangan langsung berupaya memadamkan api.
Selama setengah jam lamanya, mereka terus melokalisir api, agar tidak menjalar ke bangunan lainnya.

“Total kami menggunakan 30 APAR untuk memperkecil dan memperlambat pergerakan api,” imbuhnya.

Api kemudian benar-benat dapat dijinakkan, setelah  satu unit mobil pemadam kebakaran memberikan bantuan.

Peristiwa terbakarnya ruang panel pengatur arus listrik itu, membuat seluruh komplek rumah sakit, padam. Namun demikian, hingga warta ini disusun, sejumlah ruangan vital, seperti IGD, ICU hingga ruangan bayi terlihat sudah menyala.

Masing-masing ruangan vital itu, sepertinya telah teraliri listrik, setelah pihak rumah sakit berupaya memasang genset portabel.

Diwartakan, listrik rumah sakit umum daerah (RSUD) R Soedarsono Kota Pasuruan, padam, Jumat (1/12/2027).

Dari sejumlah keterangan, pemadaman akibat dari konsleting di dalam ruang panel listrik yang berada di sisi utara gedung rumah sakit sekitar pukul 17.20 WIB. (ozi/ono)