20:08 - Senin, 11 Desember 2017
Kamis, 7 Desember 2017 | 12:06

Jalan Ranu Agung Tertutup Lahar Gunung Lemongan

Probolinggo (wartabromo.com) – Jalan penghubung antar desa di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, tertutup lahar dari Gunung Lemongan, Kamis (7/12/2017). Luncuran material berupa lumpur dan pasir terjadi setelah kawasan pegunungan itu diguyur hujan lebat.

Berdasarkan informasi warga, sejak Rabu sore (6/12/2017) kawasan Kecamatan Tiris diguyur hujan lebat. Hingga malam hari, tumpahan air dari langit itu belum juga reda. Tentu saja, intensitas hujan yang tinggi itu membuat struktur tanah menjadi gembira dan mudah terbawa air.

Akibatnya, material lumpur memasuki beberapa rumah milik warga di Dusun Tancak, Desa Ranu Agung. “Sejak sore turun hujan lebat. Air hujan yang deras  membawa material lumpur atau lahar dingin dari lereng gunung Lemongan. Daerah ini memang jalur lahar,” ujar Agus, salah satu warga.

Penderittaan warga tak hanya berhenti disitu, pasalnya selain memasuki rumah warga, lumpur itu juga menutupi jalan raya. Lumpur berpasir bercampur dahan kayu menutupi jalan yang berada di timur Kantor Desa Ranu Agung itu. Lumpur setebal lebih dari 30 sentimeter itu berasal dari lahar dingin Gunung Lemongan yang berjarak sekitar 26 kilometer dari lokasi.

Kondisi ini sangat menyulitkan warga untuk beraktivitas di pagi hari. Selain terjebak dalam genangan lumpur, juga dapat mengakibatkan kecelakaan. “Lahar itu yang mengalirnya ke cora (curah, red) menuju sungai, pasti melewati jalan itu dan meninggalkan material lumpur dan kayu,” tambah Agus.

Sehingga warga bersama bersama anggota Koramil dan Satpol PP membersihkan material lumpur dan kayu. Mereka bahu membahu menyingkirkannya agar masyarakat dapat menggunakan. “Kami ajak warga untuk bergotong royong membersihkan material lumpur. Sehingga nantinya akses transportasi berjalan dengan lancar,” kata Camat Tiris, Robby Siswanto. (saw/saw)

Peduli Pacitan, Siswa SMK di Kota Pasuruan Sisihkan Uang Saku

Dinas Perikanan : Supermoon Sebabkan Rob