Dinilai Kreatif, Cara Ajar Guru SDN Karanganyar Ini Menjadi Perbincangan di Medsos

0
168

Pasuruan (wartabromo.com) – Ada yang menarik dari SDN Karanganyar Kota Pasuruan. Seorang guru di Sekolah dasar yang terletak di Jalan Hasanuddin No. 38 itu, mempunyai cara ajar baru agar siswa-siswinya disiplin saat masuk kelas.

Kegiatan antri berbaris sebelum memasuki kelas, umum dilakukan siswa-siswi sekolah dasar. Lumrahnya, ketua kelas mengatur barisan setertib mungkin, menghitung jumlah keseluruhan teman-temannya, saat masuk kelas.

Akan tetapi Indra Tata menggagas dengan menerapkan cara ajar yang cukup unik dan menarik siswa-siswi, yaitu “baris bertepuk”.

Hal itu mengemuka setelah baris bertepuk siswa-siswi itu terekam video dan diunggah di akun Facebook Indra Tata. Baris bertepuk semacam ‘toss’ dan sebuah cara bersalam baru seorang siswa terhadap guru saat masuk ruangan kelas dan mendapatkan materi pelajaran.

Nah, dalam video itu sejumlah siswa berbaris selanjutnya satu persatu maju memberikan salam tepukan kepada Indra Tata. Menariknya, tiap-tiap siswa menerapkan tepukan berbeda, yang juga mampu diikuti sang guru.

Siswa-siswi tersebut seolah berlomba menunjukkan kreatifitas tepuk tangannya. Nampaknya, kegiatan tersebut membuat mereka senang dan bersemangat.

Belakangan, aksi lucu nan menggemaskan bocah saat baris bertepuk di depan kelas itu mendapat perhatian warganet.

Hampir seluruh komentar memberikan apresiasi dan menilai kreatif karena bermanfaat bagi siswa maupun pengajar

“Tujuannya agar siswa tidak bosan saat berbaris ketika akan masuk kelas, siswa menjadi senang, membuat guru menjadi lebih dekat kepada siswa, dan membangun kreatifitas siswa beserta guru,” Ungkap Indra dalam caption video di facebooknya.

Kegiatan itupun mendapatkan respon baik dari para warganet, setelah menyaksikan video kegiatan Baris Bertepuknya.

“Kreatif, kak,” Ungkap akun Putri Jr.

“Guru yang kreatif dan inovatif, selamat berkarya dan berinovasi dalam mengajar,” Akun Mardiyah.

Ada juga yang bertanya kepada Indra tentang kesulitan menirukan tepukan salam siswa.

“Gak ada ksulitan menghafal mcm2nya salam itu pak,kn tiap anak modelx beda,” akun Penidian Ciptaning.

Menarik bukan? ada guru-guru kreatif lagi, nggak ya??
(ama/ono)