Dorong Motivasi Bisnis, Seminar Enterpreneur Leadership Digelar di Pasuruan City Expo 2017

0
143

Pasuruan (wartabromo.com) – Seminar Kewirausahaan Enterpreneur Leadership oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bersama Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, di Mall Poncol, sukses digelar, Senin (11/12/2017). Kegiatan memeriahkan Pasuruan City Expo 2017 ini, memiliki tujuan mendorong motivasi masyarakat untuk berbisnis (wirausaha).

Seminar mendatangkan pembicara ahli dari Badan Diklat Propinsi Jatim, DR. T. Kuncoro. Ia menuturkan, jiwa enterpreneur masyarakat Kota Pasuruan terbilang lemah. Hal tersebut dibuktikan dengan masih berkembangnya pola pikir masyarakat yang cenderung pesimis terhadap apa yang akan diusahakannya dalam berbisnis.

Di sisi lain, dikatakannnya kemudian, produk-produk di Kota Pasuruan memiliki presentase kenaikan, tetapi tidak untuk perkembangannya. Kurangnya inovasi selain faktor ketidakpercayaan diri disebut-sebut menjadi penghambatnya.

“Berwirausaha membutuhkan keberanian, dan keberanian merupakan jiwa seorang pemimpin,” ungkap Kuncoro.

Meskipun terbatas, peserta tampak antusias dengan materi yang disampaikan oleh pembicara mengenai motivasi sukses untuk berbisnis. Peserta yang hadir rata-rata adalah masyarakat yang sedang menekuni dunia bisnis di kota maupun kabupaten Pasuruan.

Seminar semakin gayeng, ketika sesi tanya jawab antara pembicara dibuka dan berakhir dengan penuh keakraban setelah pembicara mengadakan kuis sekaligus membagi-bagikan hadiah kepada peserta yang mampu menjawab tantangan dari pembicara.

Diketahui, Pasuruan City Expo merupakan ajang pameran produk-produk unggulan Industri Kecil Menengah (IKM) serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berlangsung 8-13 Desember 2017 di Mall Poncol. (ama/ono)