Nyatakan Siap, KPU Launching Tahapan Pilkada Pasuruan pada 24 Desember 2017

0
108

Pasuruan (wartabromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal memulai (launching) tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Kabupaten Pasuruan, pada 24 Desember 2017 esok. Hal itu setelah KPU menyatakan, sepenuhnya telah siap menggelar Pilkada serentak pada 2018 mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Titin Wahyuningsih mengatakan, pemilihan kali ini merupakan sejarah baru bagi warga Kabupaten Pasuruan. Pasalnya, dua pemilihan sekaligus akan dihadapi, yakni memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

“Pilkada 2018 termasuk istimewa, karena merupakan pengalaman pertama dalam satu waktu, nyoblos dua kepala daerah. Pastinya kami telah siap menggelar Pemilihan kepala daerah Kabupaten Pasuruan,” ujar Titin dalam dialog Gahwa Ra’se WartaBromo.

Diakui, KPU sampai saat ini secara resmi belum memberikan tanda dimulainya Pilkada di Kabupaten Pasuruan. Namun, pihaknya secara utuh telah membuat perencanaan, selain telah melaksanakan tugas-tugas persiapan, seperti proses pemutakhiran daftar pemilih, sebagaimana tahapan yang telah ditentukan.

Selain itu, KPU dalam prosesnya, saat ini juga telah mempersiapkan rekrutmen petugas pemutakhiran daftar pemilih (PPDP), untuk kemudian nanti dapat bertugas pada tahap penentuan dan penetapan daftar pemilih.

Dalam upaya persiapannya, diketahui KPU Kabupaten Pasuruan telah menetapkan 120 anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan 1095 PPS (Panitia Pemungutan Suara).

StrukturKPU tingkat kecamatan dan desa/kelurahan itu, bahkan telah bekerja, menghadapi event penting lima tahunan ini.

Kepastian tanda digelarnya Pilkada 2018 pun, oleh Titin ditegaskan telah ditetapkan, yakni akan dilangsungkan pada 24 Desember 2017 esok.

“Serangkaian kegiatan mulai apel penyelenggara, jalan sehat sekaligus gowes bareng KPU, hingga resepsi, akan digelorakan sebagai penanda dimulainya tahapan Pilkada,” tandasnya.

Dijelaskan, apel penyelenggara melibatkan PPK dan PPS; jalan sehat serta gowes bareng, dipusatkan di lapangan SMA Negeri 1 Pandaan, dimulai pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya, puncak kegiatan dilakukan dengan resepsi, KPU bersama seluruh tokoh terkemuka, mulai Bupati/Wakil Bupati Pasuruan, pejabat jajaran, tokoh partai politik, tanpa terkecuali alim ulama.

Untuk resepsi ini, KPU akan melangsungkannya pada sore menjelang malam, di Ballroom Taman Dayu Pandaan. (*/*)