Alokasikan Rp 600 Juta, Pemprop Jatim Bangun Jalan Tambak Garam di Pasuruan

1771

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Propinsi Jawa Timur (Pemprop Jatim) alokasikan Rp 600 juta untuk pembangunan jalan produksi di sekitar tambak garam Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Anggaran untuk penguatan infrastruktur itu, ditujukan sebagai pendukung pencapaian target produksi garam.

Kabid Usaha Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Soegeng Soebijanto mengatakan, alokasi anggaran tersebut berupa program pavingisasi jalan sekitar 1,2 KM serta pembangunan jembatan menuju tambak garam.

“Ini pertama kalinya kami menerima anggaran dari Propinsi untuk pembangunan jalan produksi, tapi kalau dari APBN tugas pembantuan juga untuk jalan produksi, jembatan dan gudang garam,” kata Soegeng Kamis (11/01/2018).

Namun demikian proses pembangunan jalan produksi masih pada tahap perencanaan. Diperkirakan pengerjaan proyek akan dilaksanakan pada bulan maret 2018 mendatang.

Baca Juga :   Selang Bocor Saat Diperbaiki, Mobil Pikap Terbakar

Penentuan waktu pelaksanaan itu, disesuaikan dengan kepentingan petani garam. Jadi saat paving dan jembatan selesai dibangun, para petani sudah mulai bisa memproduksi garam rakyat.

Ditegaskan Soegeng, jalan dan jembatan tersebut dinilai dapat memudahkan petani dalam distribusi garam. Sehingga harapannya adalah dapat membantu tercapainya target produksi garam di Kabupaten Pasuruan.

“Kalau jalannya enak, pasti petani juga tak butuh waktu lama untuk mengirim atau menjual garamnya,” pungkasnya. (mil/ono)