Hari Ini, KPU Coklit Pemilih Untuk Pilkada 2018

1015

Pasuruan (wartabromo.com) – Hari ini, Komisi Pemilihan Umum serentak melaksanakan program Coklit (Pencocokan data Penelitian) daftar pemilih. Gerakan Coklit Nasional ini akan dilaksanakan sampai 18 Pebruari 2018 mendatang.

Dalam akun instagram KPU Kabupaten Pasuruan disebutkan, petugas PPDP dan PPK dari beberapa kecamatan sudah siap berkeliling kerumah warga, untuk mencocokkan data pemilih.

“KPU Kabupaten Pasuruan mencoklit, jangan lupa siapkan KTP dan KK, kami akan mengunjungi rumah anda,” Tulis akun @kpukabupatenpasuruan disertai dengan beberapa unggahan foto petugas di beberapa kecamatan.

Coklit ini dilakukan untuk mencocokan data dan meneliti data pemilih sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga serta data di KPU. Hal ini untuk menghindari data fiktif pada Pilkada Juni 2018 mendatang.

Baca Juga :   Ilalang Savana Bromo jadi Primadona

Diketahui, beberapa hal akan dilakukan penelitian terkait data diri untuk pemenuhan hak sebagai pemilih, mulai dari nomor KTP, nama tanggal lahir sampai alamat. Dengan coklit dimungkinkan nanti ditemukan data diri yang sama (ganda) hingga harus dicoretnya TNI/Polri, yang dimungkinkan terdaftar sebagai pemilih.

Gerakan coklit ini dilakukan serentak untuk pemilih di 31 provinsi pada Sabtu 20 Januari 2018 sampai 18 Februari 2018, setiap hari dan tidak terbatas hari libur. Hastag #kpumencoklit dan #coklitnasional juga sudah memenuhi linimasa media sosial, pada hari pertama ini. (may/ono)