Ada Kendaraan Layanan Kependudukan, Urus KTP Bisa di Rumah

0
216

Pasuruan (wartabromo.com) – Masyarakat Kota Pasuruan, sepertinya tak perlu repot datang ke Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) untuk mengurus dokumen kependudukan. Pasalnya, Pemkot Pasuruan telah memiliki satu unit mobil dan empat motor yang siap keliling ke rumah-rumah warga yang belum punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) hingga dokumen kependudukan penting lainnya.

Seluruh kendaraan tersebut diperlihatkan kepada publik di sela-sela acara Launching Layanan Sehat (sehari akta terbit), Layanan AKI (akta kematian keliling), Layanan KADO (kependudukan delivery order) dan surat keterangan administrasi kependudukan, di Halaman Kantor Dispenduk Capil Kota Pasuruan, Senin (22/01/2018).

Dalam acara tersebut, Walikota Pasuruan, Setiyono dan Wakil Walikota Pasuruan menjajal motor layanan kependudukan di hadapan ratusan undangan yang hadir, termasuk Amanda Bisexx selaku Head of Child Protection Program section UNICEF, Arie Rukmantara selaku Kepala Perwakilan UNICEF Jawa Timur dan undangan penting lainnya.

“Mobil dan motor ini adalah bagian dari langkah jemput bola kami untuk meningkatkan pelayanan kependudukan. Kami akan mendatangi rumah-rumah warga yang memiliki keperluan dalam hal layanan kependudukan,” kata Setiyono di hadapan awak media yang mengerubutinya.

Kendaraan untuk keliling itu disebutkan bagian dari upaya pencapaian target 100%, terpenuhinya kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan dokumen kependudukan penting lainnya.

Ditambahkannya, lima kendaraan tersebut dibeli dari anggaran APBD Kota Pasuruan tahun 2017. Khusus untuk pembelian mobil hi-ace menyedot anggaran sebesar Rp 597.850.000, sedangkan empat unit motor adalah motor matic jenis vario yang dibeli oleh Dispenduk Capil.

“Saya berharap mobil ini bisa membantu masyarakat semaksimal mungkin, dan beroperasi tidak hanya pada hari kerja saja tapi hari sabtu dan minggu juga, ” imbuhnya. (mil/ono)