Kemenag RI Serukan Shalat Gerhana Bulan

2376

Jakarta (wartabromo.com) – Kementerian Agama (Kemenag) RI serukan kepada umat Islam gelar shalat gerhana bulan. Seruan dilakukan menyusul fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) yang diperkirakan terjadi Rabu (31/1/2018) pada pukul 18.48 WIB.

Hal itu diungkap Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam pada Kemenag RI, menyebarkan himbauan tertulis sejak 17 Januari 2018 lalu. Surat ditandangani oleh Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin itu, ditujukan kepada seluruh kepala kantor wilayah Kementerian agama se-Indonesia.

Diungkap kemudian, Gerhana Bulan Total akan terjadi di Indonesia tepat hari Rabu (31/1/2018) atau 14 Jumadal Ula 1439 H. Tetapan ini, disebut merupakan hasil temu kerja Hisab Rukyat Mei 2016 lalu. Puncak gerhana pukul 20.29 WIB dan akan berakhir pukul 22.11 WIB.

Baca Juga :   Songsong Kapolda Cup, PS Bhayangkara Probolinggo Andalkan Pemain Lokal

Selanjutnya dalam surat, Kemenag menghimbau untuk shalat gerhana bulan (shalat khusuf al Qamar) berjamaah, yang dapat disertai dengan khutbah.

Disebutkan juga, lantaran terdapat perbedaan waktu, di beberapa daerah Indonesia bisa menyesuaikan pelaksanaan shalat ini.

Sebelumnya dalam surat, Kemenag RI juga meminta kepala wilayah dapat meneruskan seruan dan himbauan ini ke kepala kemenag di tingkat Kabupaten/Kota, aparatur pemerintah daerah, pimpinan ormas hingga masyarakat secara luas. (ono/ono)