Etape 3 Tour de Indonesia Start di Probolinggo

0
227

Probolinggo (wartabromo.com) – Probolinggo bakal menjadi tuan rumah di etape 3 penyelenggaraan Tour de Indonesia (TdI) 2018, pada Sabtu ( 27/1/2018). Pihak kepolisian pun akan melakukan penutupan jalan selama 4 jam pada rute yang ada di wilayah Probolinggo.

“Besok olahraga bertaraf internasional ini akan digelar. Kota Probolinggo menjadi titik awal pelepasan peserta. Sementara kami, diminta untuk mendukung kelancaran balap sepeda internasional yang melintasi wilayah kabupaten mulai titik Kecamatan Leces hingga perbatasan Lumajang,” ungkap pengurus harian KONI Kabupaten Probolinggo, Chalid Abubakar, Jumat (16/1/2018).

Etape 3 TdI 2018 ini, akan melintasi 5 kota/kabupaten, yakni akan melintasi Kota dan Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember dan finis di Kabupaten Banyuwangi. Tur dengan level 2.1 UCI ini, para peserta akan dilepas di depan Balaikota Probolinggo untuk melahap rute sepanjang 200 meter.

Untuk wilayah Probolinggo, para peserta akan melintasi rute jalan Panglima Sudirman arah Banyuwangi. Sesampainya di perempatan Randupangger, peserta belok ke selatan menuju pertigaan Jorongan, Kecamatan Leces. Setelah itu, peserta melaju ke arah Malasan Kulon, Kecamatan Leces dan memasuki Kabupaten Lumajang.

Untuk itu, pihak kepolisian akan menutup jalur sepanjang 21 kilometer dari aktivitas pengguna jalan. “Besok selama gelaran olahraga ini, kami akan mensterilkan jalur dari kendaraan bermotor. Kami berharap para pengguna jalan yang melintasi rute TdI untuk menunda keberangkatan atau berangkat lebih pagi sebelum agenda dilaksanakan,” kata Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP. Algopohan.

TdI 2018 sendiri untuk Etape ke-1, start dari Candi Borobudur, melewati Muntilan, Salaman, masuk Yogya, keluar lagi ke Prambanan, Klaten, Solo, Sragen, dan berakhir di Ngawi. Selanjutnya peserta balapan akan dibawa atau bermalam di Madiun (124.7 km). Stage ke-2 di Madiun jadi titik awalnya, selanjutnya menuju finish di Mojokerto (117.5 km).

Berikutnya tim balap sepeda akan dibawa dan bermalam di Probolinggo sekaligus menjadi titik awal. Selanjutnya akan finish di Banyuwangi menjadi etape ke-3 (200 km). Untuk etape ke-4 akan dimulai titik awalnya di Gilimanuk Bali menuju Denpasar Bali (170.9 km). (fng/saw)