Bikin Panik, MPU Tiba-tiba Keluarkan Asap Tebal di Jalanraya Purwodadi

1131

Purwodadi (wartabromo.com) – Suasana jalan raya Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, sempat membuat panik pengguna jalan. Pasalnya, sebuah MPU tiba-tiba mengeluarkan asap saat melaju di jalanan menanjak itu.

Peristiwa tersebut terjadi ketika kondisi jalan raya jurusan utama Surabaya-Malang dipadati kendaraan bermotor, Kamis (1/2/2018).

Terlihat MPU berwarna hijau mengeluarkan asap putih keabu-abuan mengepul memenuhi jalan hingga menutup penglihatan. Sedangkan, bersamaan dengan kepulan asap, terdengar raungan keras dari mesin MPU.

Karuan saja, kondisi tersebut membuat pengguna jalan ketakutan. Beberapa pengendara motor langsung cepat-cepat menghindar, karena beranggapan MPU bernopol N-7014-UW tersebut terbakar.

Meskipun demikian, tidak sedikit justru melihatnya dari kejauahan, seperti menunggu bagaimana kondisi kendaraan penumpang umum jurusan Malang, di jalan tanjakan itu.

Baca Juga :   Listrik RS Soedarsono Padam, Pasien di IGD Dipastikan Telah Tertangani

‘Takut mobilnya meledak,” ujar seorang pemotor.

Beruntung, berangsur-angsur asap yang keluar menipis bersama hilangnya suara mesin, yang sebelumnya terdengar cukup keras.

Belakangan diketahui, MPU yang tengah melaju mengalami masalah, pada bagian gas nyangkut atau tidak mau balik lagi, meski pedal gas sudah dilepas oleh pengemudi waktu itu.

Diperkirakan, tali gas sudah tua dan sepertinya harus diganti, sehingga membuat sistem gas MPU rusak dan nge-gas sendiri (mbandang).

Tidak ada korban dalam peristiwa ini, namun demikian, kondisi jalan raya sempat macet, di kedua arah. Jalanan kembali normal setelah MPU berhasil didorong ke pinggir jalan raya hingga kemudian diparkir ke SPBU sekitar lokasi. (ono/ono)

Baca Juga :   Selangkah Lagi, Ribuan Warga Nikmati Gas Bumi