Tiris Dilanda Banjir Bandang

1771

Probolinggo (wartabromo.com) – Kawasan Kecamatan Tiris dilanda banjir bandang, setelah hujan deras mengguyur wilayah itu. Luapan sungai Lawang Kedaton bahkan masuk ke rumah-rumah penduduk.

Banjir ini terjadi pada aliran sungai Lawang Kedaton termasuk hulu dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Pekalen. Luapan sungai itu, telah memenuhi ruas jalan pemukiman warga di Desa Andungbiru, Kamis sore (1/2/2018). Tak hanya pemukiman, ruas jalan di depan balai Desa Andungbiru juga tergenang arus luapan sungai Kedaton.

“Debit air sungai sangat tinggi, seiring tingginya curah hujan yang turun sejak siang hari. Sepanjang aliran sungai itu, pemukiman penduduk terkena banjir. Bahkan ada rumah-rumah dan kandang ternak yang hanyut. Namun, kami belum monitor jumlah pastinya,” ujar Camat Tiris Robby Siswanto, Kamis malam.

Baca Juga :   Wagub Jatim : Pekerja Tetap atau Outsourching Harus Dapat THR

Petugas terus memantau meluapnya sungai Lawang Kedaton yang merupakan hulu sungai Pekalen. Sejumlah anggota Polsek Tiris disiagakan untuk memantau debit sungai dari jembatan Tiris yang berada di sisi utara mapolsek. Dimana luapan air sungai melewati ketinggian jembatan. Bahkan lapangan Tiris yang di utara sungai tergenang.

“Untuk saat ini, debit air sungai sudah mulai turun. Namun, warga harus tetap waspada mengingat hujan tak dapat diprediksi. Kami memberikan imbauan pada warga agar berhati-hati dan selalu waspada,” kata Kapolsek Tiris AKP. Ida Bagus Gede KWK.

Selain warga di kawasan Tiris, warga di aliran yang dilewati sungai Pekalen juga diminta waspada. Seperti warga Kecamatan Gading, Maron dan Pajarakan. Di tiga kecamatan itu, juga rawan dengan bencana banjir dari hulu sungai. “Malam ini sudah mulai surut. Besok, kalau tidak hujan deras lagi, akan digelar kerja bakti yang melibatkan polisi, tni, Kecamatan dan warga,” tandas Bagus. (saw/saw)