Puluhan Hiu Tutul Muncul di sekitar Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo

2031

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejak dua hari terakhir, puluhan ekor hiu tutul muncul sekitar Pelabuhan Tanjung Tembaga, Mayangan, Kota Probolinggo. Kemunculan biota laut raksasa ini, menarik minat wisatawan untuk melihat.

Kawanan hiu tutul ini muncul di perairan yang berjarak sekitar 1 mil laut dari pelabuhan Tanjung Tembaga. Hanya butuh perjalanan selama lima belas menit saja, untuk bisa melihat hiu tutul dari dekat. Ada sekitar 25 ekor hiu dengan panjang tubuh bervariasi antara 5 -10 meter.

Warga pun tertarik untuk melihat biota laut ini dari dekat. Dengan cara menaiki perahu, dan menuju lepas pantai Probolinggo. “Sebetulnya sih tiap tahun tahu, kalau ada hiu tutul. Tapi kali ini berbeda. Biasanya itu hanya 3 sampai lima ekor yang menepi. Kali ini yang menepi lebih banyak, sampai puluhan. Seru sih melihat dari dekat,” ujar salah seorang wisatawan, Badrud, Sabtu sore (10/2/2018).

Baca Juga :   Selipkan Sabu di Bungkus Rokok, Dua Pemuda Ditangkap

Kemunculan raksasa laut ini, tak lain untuk mencari plankton, sebagai makanannya. Dimana musim-musim ini, kawasan perairan utara Probolinggo memang sedang dipenuhi plankton. Satpolair Polres Probolinggo pun, melakukan patroli terpadu untuk mengawasi kemunculan hewan yang dilindungi tersebut.

Terkait aktifitas ini, pihak Satpolair Polres Probolinggo, melakukan pengawasan perairan. Tujuannya, menegur dan mengingatkan warga atau wisatawan, agar tidak memberi makan atau mengganggu gerombolan hiu tutul ini.

“Patroli terpadu ini akan terus dilakukan, selama kemunculan biota laut yang dilindungi ini. Kami juga terus memberikan himbauan pada nelayan setempat, agar tidak menganggu hiu tutul ini,” ujar Kasatpolair Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno.

Pengawasan itu dilakukan, agar kelangsungan hidup biota laut itu dapat terus terjaga dan lestari. Sehingga, mampu menjadi daya tarik tersendiri, bagi para wisatawan. (lai/saw)