KPU Probolinggo Tetapkan Nomor Urut HATI-MMC

0
103

Probolinggo (wartabromo.com) – Pasca penetapan pasangan calon (Paslon), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menggelar pengundian nomer urut. Hasilnya, petahana Bupati – Wakil Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari – HA. Timbul Prihanjoko (HATI) mendapat nomor urut 1, sementara lawan politik Abdul Malik Haramain – KH. Muzayyan Badri (MMC) mendapat nomor urut 2.

KPU Kabupaten Probolinggo melakukan pengundian terhadap kedua Paslon di Gedung Islamic Centre Kota Kraksaan, Selasa (13/2/2018). Dalam pengundian nomor urut ini, selain tim sukses dari kedua paslon, juga disaksikan oleh Panwaslu dan jajaran Polres Probolinggo.

Dengan menggunakan sistem bola pingpong, kedua pasangan bergantian mengambil bola dalam toples. Paslon HATI yang mendapatkan kesempatan pertama, berhasil meraih nomor urut 1. Dengan begitu, secara otomatis, paslon yang mengambil bola kedua, mendapat nomor urut 2.
Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Mohamad Zubaidi, mengatakan undian nomor ueur itu sesuai dengan Peraturan KPU nomer 3 tahun 2017.

Dikatakan pada hari ini, KPU se-Indonesia secara serentak melakukan pengambilan dan penetapan nomer urut untuk pilkada serentak 2018. “Setelah ini, kami akan menunggu penyerahan laporan akhir dana kampanye dari kedua paslon. Kampanye dimulai tanggal 15 Februari hingga 23 Juni. Kampanye bisa dilakukan secara terbuka maupun tertutup,” kata Zubaidi.

Terkait nomor urut yang didapatnya, P. Tantriana Sari, mengaku nomor 1 atau 2 adalah hal yang biasa. Namun ia berharap nomor 1 bisa membawa keberuntungan untuk dirinya bersama Timbul Prihanjoko. Ia juga tetap akan mengusung jargon Satu Hati, seperti pilkada sebelumnya dimana ia dan Timbul memperoleh nomer urut 1 juga. “Kedepan kami akan memperkuat visi misi untuk bisa menarik suara dalam masa kampanye nanti. Kami tidakmenargetkan berapa persen, tetapi bersama tim akan berusaha mendulang suara lebih dalam pilkada mendatang,” kata istri Hasan Aminuddin itu.

Sementara lawan politiknya, Abdul Malik Haramain, menuturkan semua nomer adalah baik. Ia mengatakan nomor 2, juga merupakan hasil istighorah pihaknya. Diharapkan, nomor itu mampu mejadi simbol perubahan dari masyarakat Probolinggo, sesuai dengan jargon yang diusung yaknk Saatnya Kita Berubah.

“Kami bersama tim memasang target 55-60 persen dalam pilkada mendatang. Sebab, masyarakat Kabupaten Probolinggo sudah cerdas dan ingin berubah. Sehingga kami akan memfasilitasi masyarakat yang ingin berubah,” kata ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo ini.

Dalam pilkada ini, paslon nomor urut 1, HATI diusung oleh koalisi 5 parpol, yakni Partai Nasdem, PDI-P, PPP, Gerindra dan Golkar yang mengumpulkan sebanyak 34 kursi parlemen. Sedangkan paslon nomor urut 2, MMC diberangkatkan oleh PKB-Demokrat dengan modal 9 kursi. (cho/saw)