Menteri Susi ke Probolinggo, Ada Apa Ya?

0
119

Probolinggo (wartabromo.com) – Menteri Kelautan dan Perikananan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti berkunjung ke Kota Probolinggo, Selasa (13/2/2018). Diperkirakan, menteri yang dikenal dengan slogan “tenggelamkan” itu akan melihat spesies hiu tutul di perairan Probolinggo.

Selasa sore, menteri Susi mendarat Stadion Bayuangga, Kota Probolinggo dengan menggunakan helikopter. Meski begitu, Susi enggan menjelaskan secara rinci tujuannya datang ke Kota Probolinggo. “Besok saja. Yang pasti saya akan melihat apa saja yang ada di Probolinggo ini,” ujar perempuan bersuara berat itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo Budi Krisyanto yang menyambut kedatangan menteri Susi, mengakui jika tidak ada agenda khusus salah satu menteri perempuan di kabinet Kerja Presiden Jokowi itu. “Tidak ada agenda khusus. Setelah ini Bu Susi langsung akan beristirahat di BJBR (Bee Jay Bakau Resort, red),” tutur Budi.

Ia juga mengelak jika kedatangan Susi ada kaitannya dengan demo nelayan Kota Probolinggo terkait pelarangan cantrang. “Soal cantrang sudah selesai. Bu menteri sudah punya solusinya. Nelayan juga sudah setuju,” elak Budi.

Diperkirakan, menteri Susi datang ke Probolinggo untuk memantau keberadaan kawanan hiu tutul di perairan utara Probolinggo. Diketahui sejak bulan Desember tahun lalu, dan hingga saat ini, puluhan koloni hiu tutul mencari plankton di kawasan ini.

Koloni ini, bermigrasi dari selat Australia yang mengalami cuaca ekstrem, sehingga pada bulan-bulan ini, masyarakat bisa menjumpai hiu tutul di sepanjang perairan Probolinggo. Mulai dari perairan Mayangan di Kota Probolinggo, sampai Paiton di Kabupaten Probolinggo. (fng/saw)