KIPP Soroti Calon Tunggal di Pasuruan, Duga Ada Politik Transaksional

845

Pasuruan (wartabromo.com) – KPU Kabupaten Pasuruan telah tetapkan pasangan Irsyad Yusuf-Mujib Imron (Adjib) sebagai satu-satunya kontestan di Pilkada nanti. Kondisi itu jadi sorotan Komite Independen Jawa Timur (KIPP Jatim), karena dianggap wujud adanya politik transaksional.

Salah satu Presidium KIPP Jatim, Sultoni menyatakan keprihatinan saat menyinggung proses politik yang tengah berlangsung di Pilkada Kabupaten Pasuruan kali ini.

Menurutnya, demokrasi bukannya didorong ke arah yang lebih baik, malah dalam perkembangannya, bangunan politik termasuk daerah tapal kuda ini telah terjadi kemunduran.

Bahkan Sultoni mengungkapkan keheranannya, karena seluruh partai politik yang memiliki wakil di parlemen, justru malah disebutnya seperti enggan bertarung mengusung kader di luar pasangan calon saat ini.

Baca Juga :   Jalan raya Dikerok, Pemotor Terpeleset dan Terlindas Traktor

“Dugaan kami, keinginan untuk dominasi kekuasaan, dilakukan dengan upaya-upaya politik transaksional,” ujar Toni, sapaan akrabnya, Rabu (14/2/2018).

Dikatakan juga, Kabupaten Pasuruan dipastikan sang petahana, Irsyad Yusuf, sebagai calon tunggal. Ia pun kemudian mengingatkan adanya potensi penyalahgunaan kekuasaan yang saat ini dimiliki untuk kembali merebut kursi momor satu di Pasuruan.

“Kemungkinan pengerahan pegawai maupun pejabat birokrasi di Kabupaten Pasuruan, sangat terbuka. Ini rawan,” tandasnya.

Selanjutnya, KIPP Jatim mengajak warga calon pemilih, agar berperan aktif melakukan pemantauan kemungkinan terjadinya penyalahgunaan kekuatan sumberdaya yang dimiliki peserta Pilkada Pasuruan saat ini. (ono/ono)