Konsleting Listrik, Rumah Warga Plintahan Hangus Dilalap si Jago Merah

0
131

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebuah  rumah hangus terbakar di Dusun/Desa Plintahan Kabupaten Pasuruan, Minggu (18/02/2018) dinihari. Dugaan sementara, penyebab kebakaran adalah konsleting listrik dari stop kontak dekat kulkas di rumah tersebut.

Berdasarkan informasi yang di dapat wartabromo.com, kebakaran diketahui oleh salah seorang warga bernama Jupri (60), yang mendengar teriakan orang “minta tolong” di sekitaran rumahnya. Jupri langsung lari untuk mencari sumber suara bersama dengan warga lainya. Ternyata yang meminta tolong adalah tetangga sebelah rumahnya. Saat itu ruang tamu sekaligus kios toko itu terbakar.

“Saya dan warga lainya menolong pemilik rumah Hj. Yuliatin (40) dan anak Faisal (7) berhasil di evakuasi lewat jendela kamar di sebelah timur rumah,” Tutur Jupri.

Jupri menambahkan, sumber api berasal dari Alat Pendingin (Kulkas) di dalam Kios yang sekaligus ruang tamunya. Setelah itu, ia dan warga lainya berbondong-bondong mencari alat seadanya untuk memadamkan api. Seperti ember dari beberapa rumah warga beserta air yang diusung secata bergantian.

Naasnya, si Jago Merah semakin menjadi. Akhirnya warga menghubungi Pemadam Kebakaran dan mobil tangki air Prigen untuk membantu memadamkan api.

“Allhamdulillah api tidak merambat sampai rumah warga,” imbuh Jupri.

Sementara itu, 8 Mobil tangki air Prigen membantu memadamkan api. Sedangkan 2 mobil PMK (pemadam kebakaran) tidak bisa masuk ke Dusun tersebut karena jalannya sempit

Diketahui barang yang ikut terbakar dalam peristiwa ini diantaranya sebuah motor, uang tunai Rp 7 juta hingga perabotan rumah tangga dan perlengkapan toko lainnya.

Meski tidak ada korban jiwa, namun Total kerugian dalam peristiwa tersebut mencapai ratusan juta rupiah. Sementara itu sampai saat ini polisi masih mendalami kebakaran ini, untuk memastikan penyebabnya. (fik/may)