Trailer Melintang, Jalur Probolinggo-Lumajang Macet Total

0
168

Probolinggo (wartabromo.com) – Jalur selatan Probolinggo menuju Lumajang alami kemacetan panjang, Jumat (23/2/2018). Kemacetan ini disebabkan oleh badan truk bermuatan pupuk, melintang di ruas jalan Desa Malasan Wetan, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.

“Betul mas, ada sebuah truk muatan pupuk yang tak kuat menanjak di jalur tersebut. Kemudian badan truk itu, melintang dan menutupi jalur. Kami saat ini sedang berusaha melakukan evakuasi,” kata Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP. Ega Prayudi.

Berdasarkan informasi yang didapat wartabromo.com, kemacetan itu sudah terjadi sejak pukul 2.30 WIB. Karena waktu masih dinihari, efek kemacetan tidak terasa. Namun, sekitar pukul 5.30 WIB, seiring dengan semakin banyaknya pengguna jalan, kemacetan itu mulai mengular.

Macet panjang itu disebabkan oleh sebuah truk trailer dengan nopol W 8810 US, yang melintang jalur Probolinggo-Lumajang. Truk yang dikemudikan oleh Slamet Wiyono (50), warga Desa Ringinpitu, Kecamatan Plemahan, Kediri, yang bermuatan pupuk itu, tak kuat menanjak. Saat itu, dengan kecepatan sedang, Slamet mengemudikan truknya menuju arah Lumajang. Saat ditanjakan Desa Malasan Wetan itu, truk yang dikemudikannya tak kuat membawa beban dan berjalan mundur.

“Saya sudah berusaha mengerem untuk menghindari korban. Namun remnya tidak berfungsi dengan normal dan truk tetap mundur. Sehingga banting stir ke kiri atau timur, tujuannya untuk menahan laju truk yang bergerak mundur,” ujar Slamet.

Upaya itu mengakibatkan ekor truk masuk ke dalam sungai yang tidak berair. Sementara badan truk, menutupi ruas jalur Probolinggo-Lumajang. Dari arah Probolinggo menuju Lumajang, antrian panjang kendaraan roda empat atau lebih, mengular hingga Desa Clarak, Kecamatan Leces. Sementara dari arah sebaliknya, kendaraan yang terjebak kemacetan hingga di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Hingga saat ini, kemacetan itu belum terurai. Anggota Satlantas Polres Probolinggo, saat ini tengah berjuang keras melakukan evakuasi. Caranya dengan memindahkan muatan truk ke kendaraan lain, sebelum mengevakuasi truk yang melintang di jalan itu. (fng/saw)