Ditinggal Bantu Tetangga, Dapur Warga Rebalas Ludes Terbakar

794

Grati (wartabromo.com) – Rumah warga Desa Rebalas, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan terbakar saat ditinggak pergi penghuninya, Rabu (28/2/2018). Meski tak ada korban, namun seluruh dapur rumah ludes, sehingga warga diingatkan untuk pastikan kondisi rumah aman, hindari bahaya.

Dari sejumlah informasi, kebakaran tersebut terjadi pada rumah Martomo Dusun Krajan Desa Rebalas. Saat itu kondisi rumah dalam keadaan kosong ditinggal penghuninya.

Diceritakan, sebelumnya Susiati, istri Martomo, seperti hari-hari sebelumnya tengah memasak di dalam dapur. Untuk keperluan itu, ia menggunakan tungku kayu bakar, seperti pada umumnya warga Rebalas. Susi sepertinya terburu-buru hingga menyegerakan kegiatan memasak dan mematikan api di tungku dalam dapurnya.

“Bu susiati keluar membantu tetangga yang mau selamatan. Dan rumah ditinggal,” ujar Fauzan, salah satu warga.

Baca Juga :   Ajakan Bercinta Ditolak, Pemuda Ini Ancam Sebar Foto Bugil sang Pacar

Nah, petaka kemudian terjadi. Bara dalam tungku, diperkirakan kembali menyala hingga merembet ke tumpukan kayu di dekat tungku. Selain kayu, dijelaskan juga di dalam dapur juga terdapat bahan dari plastik.

Kebakaran pun tak terelakkan. Api langsung melahap dinding dapur terbuat dari anyaman bambu hingga menghanguskan seluruh dapur rumah.

Beruntung, Martomo segera pulang dan langsung melakukan upaya pemadaman dibantu dengan warga sekitar. Api pun dapat dijinakkan hingga tidak meluas ke seluruh bangunan rumah Martomo atau rumah warga lainnya.

Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun, oleh Fauzan warga diingatkan berhati-hati bila ingin meninggalkan rumah, dengan memastikan kondisi dapur atau ruang lain tetap aman. Salah-salah, hal serupa seperti yang dialami Martomo, dapat kembali terjadi. (ono/ono)