Kodim Probolinggo Sulap Jalan Panglima Sudirman jadi Sirkuit Road Race

2315

Probolinggo (wartabromo.com) – Kodim 0820 Probolinggo menyulap jalan raya Panglima Sudirman Kota Probolinggo, berubah menjadi sirkuit dadakan untuk gelaran ajang balapan sepeda motor (Road Race), Minggu siang (4/3/3018). Ajang ini dilangsungkan untuk mencari bakat bagi pebalap (Racer) muda di Probolinggo.

Dandim 0820 LetKol (kav) Depri Rio Saransi menuturkan, kegiatan itu sebagai bentuk pembinaan terhadap pebalap nasional, khususnya di Probolinggo. Dikatakan, Probolinggo memiliki potensi untuk mencetak pembalap sampai level nasional. Salah satunya, almarhum Deny Triyugo, warga Probolinggo yang namanya pernah tercatat di kancah nasional, bahkan sempat mencicipi kejuaraan Asia Pasifik.

“Ini untuk menampung dan memfasilitasi potensi anak-anak muda dalam membalap. Sehingga muncullah bibit-bibit pebalap yang handal. Sebab Probolinggo mempunyai potensi yang sangat bagus. Selain itu, juga untuk mencegah balap liar yang sering dilaksanakan oleh mereka di jalanan,” kata Dandim.

Baca Juga :   Soal Pembahasan SE Mendagri di Pendopo, F-Golkar : Kenapa Dibahas Ulang ?

Lebih lanjut Letkol Depri mengatakan, semangat racer Probolinggo tidak pernah luntur. Kendati ada pebalap asal Probolinggo yang meninggal saat berlaga di sirkuit nasional Sentul. Terbukti dari beberapa kelas yang dilombakan, sudah ada 160-an pebalap sudah mendaftar diajang tersebut.

“Dari jumlah itu, antusias warga sini di road race perlu diperhatikan. Dan inilah salah satu pembinaan kami, terhadap mereka,” tambah Pasi PAM Ops Denma Mabesad Jakarta ini.

Dalam ajang terebut, jarak tempuh yang harus dilalui para pebalap sekitar 950 meter. Mereka harus berputar dari start hingga finish di depan kantor Walikota dan Makodim 0820 sebanyak 8 atau 9 kali putaran dengan tikungan tajam. Ada trek lurus sepanjang 300 lebih yang bisa digunakan pebalap untuk membuka gas penuh.

Baca Juga :   50 Ogoh - Ogoh Diarak Umat Hindu Tengger Brang Wetan

“Sirkuitnya sangat menantang, karena setelah trek lurus, peserta harus menghadapi tikungan tajam. Ini membutuhkan stamina dan skill yang bagus untuk melahapnya,” kata Andjar Noermala, Ketua PC GM FKPPI Probolinggo.

Pada gelaran tahunan tersebut, Kodim mengandeng Gerakan Muda Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) dan bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur. Sebelumnya di 2016 dan 2017, ajang ini digelar di sirkuit yang sama. (saw/saw)