Ada Intimidasi saat Kampanye, Panwaslu Sarankan HATI Lapor Polisi

0
72

 

Probolinggo (wartabromo.com) – Dalam sejumlah kampanye Pilbup Probolinggo yang berlangsung, ada kasus intimidasi dilakukan pendukung pasangan calon (Paslon) tertentu. Panwaslu pun mengarahkan Paslon yang dirugikan untuk lapor ke polisi.

Ketua Panwaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan membenarkan adanya laporan dari timses HATI. Dijelaskan, pada beberapa kampanye awal ini, mereka mendapatkan intimidasi dari pendukung lawan politiknya. Seperti penempelan stiker MMC di mobil pendukung HATI. Serta aksi pelemparan batu yang dilakukan oleh orang tidak dikenal, saat pelaksanaan kampanye pasangan petahana tersebut.

“Kami sudah menerima laporan itu. Kami pun sudah menindaklanjuti hal tersebut dan mengarahkan untuk melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian, karena sudah masuk tindak pidana kriminal,” ujar Zaini Gunawan, Sabtu (10/3/2018).

Peristiwa dalam ranah tindak kriminal itu, pihaknya tidak mengetahui siapa pelakunya. Dengan begitu, yang paling berhak menangani kasus itu adalah pihak kepolisian. “Jika pelaku diketahui, maka Panwaslu bisa menindak hal tersebut melalui sentra Gakumdu. Kami berharap semua pihak untuk menahan diri dalam mencari simpati warga,” kata pria asal Kecamatan Gending ini.

Sementara itu, Ahmad Rifa’i, ketua timses HATI, menjelaskan hampir sebulan kampanye, baru kali ini pihaknya mengalami gangguan saat kampanye. Gangguan itu dialami pihaknya saat berkampanye di Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan. Saat berlangsung kampanye, Paslon HATI dilempari batu dari belakang. Beruntung batu-batu tersebut meleset dan tidak menyebabkan korban jiwa.

“Saat itu, saya langsung meredam emosi para simpatisan HATI yang marah, atas kejadian tersebut. Sebab saya tidak ingin ada gesekan antar kedua pendukung. Tentunya dengan aksi itu, kami sangat menyayangkan kejadian tersebut. Sebab, selama ini kami selalu menjaga ketertiban saat kampanye,” kata ketua DPD Nasdem Kabupaten Probolinggo ini.

Diketahui, lokasi kampanye di Kelurahan Kraksaan Wetan itu juga berdekatan dengan kediaman HM. Muzayyan Badri, salah satu calon Wakil Bupati Probolinggo. (fng/saw)