Komitmen PT Tirta Investama Pandaan Dorong Penyelamatan Lingkungan bersama Warga

2191

Pandaan (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang ikut berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan, khususnya penyelamatan kawasan hutan lindung.

Seperti yang dilakukan oleh PT Tirta Investama Pandaan di Dusun Gute’an, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Selasa (13/03/2018) siang. Perusahaan yang mengelola air minum dengan merk “Aqua” tersebut melakukan Closing Program Konservasi 2017 bersama Yayasan Satu Daun, Perhutani, Pemkab Pasuruan, KPH Pasuruan dan Komunitas Sahabat Alam.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Pabrik PT Tirta Investama Pandaan, Aditya Lukmansyah, Ketua Yayasan Satu Daun, Diyono Yusuf, Camat Prigen, Mujiono, Rusnadi selaku perwakilan Perhutani, dan ratusan pegiat lingkungan hingga warga sekitar.

Menurut Aditya, perusahaan yang dipimpinnya memiliki program CSR (Cooperate Social Responsibility) yang focus pada penyelamatan lingkungan, seperti penanaman 30.000 bibit pohon di Desa Dayurejo, Jatiarjo dan Ledug, Kecamatan Prigen, pembangunan warung camilan gunung, pengadaan alat ukur hujan, budidaya tanaman endemic, dan kegiatan penyelamatan lingkungan lainnya.

Baca Juga :   Polisi Mulai Selidiki Kasus "Jamaah Haji Filipina"

“Kita mengajak banyak warga untuk sama-sama membuat 500 biopori hingga penyelamatan kawasan sumber supitan. Ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat,” kata Aditya.

Kegiatan penyelamatan lingkungan tak hanya dilakukan di internal saja, melainkan juga melalui gerakan kampanye secara kelompok dan organisasi kecil maupun besar, serta mendorong kebijakan Pemerintah daerah maupun pusat yang mengarah untuk penyelamatan lingkungan.

“Semangat ini harus terus dijaga demi keberlangsungan hidup kita sendiri. Dan yang terpenting semua kegiatan dapat diketahui oleh masyarakat luas,” beber Aditya.

Dengan ditutupnya program konservasi tahun 2017, Aditya berharap agar masyarakat dapat turut aktif memberikan pemahaman untuk membudayakan kesadaran lingkungan kepada masyarakat luas yang dilanjutkan dengan aksi nyata penyelamatan lingkungan.

Baca Juga :   Amankan Pawai Tahun Baru Islam, 640 Personil Polisi Dikerahkan

“Minimal penanaman pohon di lokasi yang populasi hijaunya menurun. Kita ingin masyarakat tumbuh motivasi untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Prigen, Mujiono berterima kasih kepada PT Tirta Investama Pandaan, Yayasan Satu Daun yang telah membantu Pemkab Pasuruan dalam upaya menyelamatkan lingkungan.

“Daerah Prigen ini kawasan pegunungan, sehingga populasi pohon harus terus banyak. Nah, kalau semakin banyak pihak luar yang ikut membantu, maka itu adalah berita yang sangat menggembirakan bagi kami. Terima Kasih untuk PT Tirta Investama dan Yayasan Satu Daun yang telah mensupport Pemkab Pasuruan,” pungkas Diono.

Kegiatan ini juga di isi dengan penanaman bibit pohon endemik disepanjang jalan sekitar lokasi kegiatan. (**/**)