Melampaui Tahun 2017, 85 SMP di Kabupaten Pasuruan Gelar UNBK

1203

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 85 sekolah dari 145 SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Pasuruan, siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Jumlah itu melampaui tahun 2017, yang tercatat sebanyak 16 sekolah penyelenggara UNBK.

“Kalau ditanya targetnya pasti 100%, akan tetapi kami juga mengembalikan sepenuhnya kepada komitmen sekolah agar betul-betul berani dan siap untuk melaksanakan UNBK,” ujar Hasbullah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan.

Dijelaskan, angka tersebut melampaui dari jumlah SMP yang melaksanakan UNBK tahun 2017, yakni hanya 16 sekolah saja. Untuk tahun ini setidaknya 58% dari total jumlah SMP negeri dan swasta yang siap melaksanakan UNBK.

Ia menjelaskan, dari 85 sekolah, sekitar 3400 lebih siswa SMP/sederajat yang akan ikut UNBK, dan sisanya masih akan mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) atau yang popular dengan istilah Paper Based Test (PBT). Khusus untuk PBT adalah sejumlah sekolah yang masih menemui kendala untuk melaksanakan UNBK.

Baca Juga :   Nasdem Serius, SK Duet Gus Irsyad - Gus Mujib Diserahkan

Semua sekolah ditegaskan, telah melakukan berbagai macam persiapan, mulai dari try out maupun kegiatan pendukung lainnya.

“Sekarang ini Unas bukan lagi menjadi patokan kelulusan. Akan tetapi UASBN dan perilaku siswa yang menentukan lulus tidaknya dari sekolah tersebut. Hasil belajar selama tiga tahun bisa diukur dan diketahui oleh masing-masing guru dan kepala sekolah,” terangnya kepada Suara Pasuruan. (mil/ono)