Tanggul Jebol Memperparah Banjir di Wilayah Timur Pasuruan

1112

Pasuruan (wartabromo.com) – Selain karena hujan, banjir yang merendam beberapa Desa di kecamatan Grati pada Selasa lalu diperparah tanggul jebol. Tanggul yang seharusnya dapat menahan air itu jebol, hingga air meluber ke beberapa desa.

Menurut informasi yang didapat wartabromo.com, banjir yang merendam sedikitnya 3 kecamatan di kabupaten Pasuruan itu diakibatkan oleh datangnya air dari kawasan Lumbang dan Kronto, Kecamatan Winongan.

Namun belakangan diketahui, kejadian itu diperparah dengan jebolnya tanggul di dibeberapa titik, sehingga air bah ini meluas sampai ke desa Toyaning, Kecamatan Rejoso. Salah satu terpantau pada tanggul di belakang Kantor Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati.

Sementara itu, pihak Kecamatan Grati mengaku sudah melakukan servey ke daerah tanggul yang jebol di kedawung tersebut. Pihaknya berencana melakukan kerja bakti guna memperbaiki tanggul jebol.

Baca Juga :   Koran Online 25 Feb : Polisi Bongkar Sarang Begal Plososari, hingga Jokowi-Amin Diyakini Menang di Pulau Jawa

“kami masih menunggu pihak kecamatan untuk memperbaiki,” tutur Slamet, Kepala Desa Kedawung Wetan, Kamis (15 Maret 2018).

Peristiwa banjir di tiga kecamatan wilayah timur Pasuruan itu, belum diketahui jumlah titik tanggul yang jebol, akibat tak kuat menahan derasnya arus sungai di seputar wilayah Grati itu.

Sementara sejumlah warga, sebelumnya mengatakan, tanggul di Kedawung Wetan itu sudah sering diperbaiki, namun seringkali bersifat sementara. Tanggul tersebut dipasang secara darurat dengan menumpuk karung berisi pasir. Alhasil, ketika banjir datang, tanggul tersebut tidak kuat menahan debit air dengan arus besar.

“Sudah sering jebol dan sudah sering kerja bakti,” tutur Zaki, warga sekitar.

Zaki menambahkan, warga sekitar Kedawung Wetan berharap, agar tanggul tersebut diperbaiki dengan sebaik-baiknya. Keinginannya agar tidak lagi terjadi banjir. (trd/may)