Kawanan Perampok Bawang Putih Dilumpuhkan, Satu Orang Masih Buron

0
77

 

Probolinggo (wartabromo.com) – Selain menembak dua perampok bawang putih, polisi juga membekuk dua pelaku lain. Hanya saja, seorang pelaku berhasil lolos dan saat ini jadi buron.

Dua pelaku tertangkap tim buru sergap (Buser) Satreskrim Polres Probolinggo itu adalah Nihap, warga Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo; serta Saifur Rizal, warga Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan,

Nihap ditembak pada bagian kaki, sedangan Saifur Rizal, menyerah tanpa perlawanan, hingga polisi membekuknya.

Keduanya tertangkap, menyusul dua pelaku lainnya yang sebelumnya dilumpuhkan dengan timah panas. Mereka adalah Edi (Idi), asal Blega, Kabupaten Bangkalan madura; dan Yodho Poerbowo, asal Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo (sebelumnya ditulis Yudi, warga Mayangan Kota Probolinggo).

Dilaporkan, Edi masih menjalani perawatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, akibat luka tembak pada bagian punggung.

Diketahui, polisi memberondongkan 12 peluru ke minibus yang digunakan perampok bawang putih, saat lari dari kejaran petugas.

“Mereka berusaha menabrak petugas saat dikepung di jalan buntu. Sehingga petugas mengambil tindakan terukur, sesuai dengan prosedur untuk melumpuhkan mereka. Dua dilumpuhkan di kaki, sementara satu masih menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP. Fadly Samad, saat merilis komplotan itu, Kamis (22/3/2018).

Meski menangkap empat perampok yang kerap beraksi di jalur pantura, ternyata seorang pelaku berhasil lolos. Pelaku berinisial D-W itu kini jadi buruan polisi.

Kawanan perampok lintas daerah ini, pada Selasa (20/3/2018) lalu, merampok sebuah truk ekspedisi berisi 18 ton bawang putih yang tengah parkir di jalan raya Paiton. Truk tersebut dikemudikan Hendra, warga Denpasar Bali. Usai menyandera dan membuang korban di wilayah Bangsalsari Jember, kawanan ini membawa kabur truk berisi bawang putih senilai Rp 180 juta itu. Mereka lalu memindah bawang putih hasil rampasannya ke truk lain. (fng/saw)