Dinilai Inspiratif, Agrofest jadi Bagian Agenda Pengembangan Wisata Pasuruan

1081

Pasuruan (wartabromo.com) – Agrofest desa wisata oleh Komunitas Averroes, di Desa Kalipucang, Kabupaten Pasuruan, telah digelar. Kegiatan ini dinilai inspiratif, hingga dapat menjadi bagian rencana pemerintah daerah dalam pengembangan wisata.

Hal itu terungkap saat penutupan agrofest, yang dihadiri ratusan warga dan peserta Agrofest, di Lapangan Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (24/3/2018).

“Semoga Desa Kalipucang ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain,” kata M. Sudiono Fauzan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.

Mas Dion (panggilan akrabnya) juga mengatakan, nantinya kegiatan ini akan masuk pada daftar agenda 5 tahun kedepan, sehingga bisa terus mendapat sokongan Pemerintah. Menurutnya, Agrofest ini kegiatan inspiratif, lantaran warga Pasuruan dapat menikmati wisata yang ada di daerahnya sendiri.

Baca Juga :   Bunuh Remaja di Ujung Pelabuhan Kota Pasuruan, Penjual Bakso Dikenai Pasal Berlapis

“Sungguh di desa Kalipucang ini sangat Komplit, supaya warga Pasuruan tidak hanya ke Malang buat wisata, tapi juga ke desa di Pasuruan,” ujar Mas Dion.

Ketua DPRD ini juga menambahkan pada kegiatan Agrofest bertema Wisata Desa Mendunia ini diharapkan dapat meningkatkan destinasi pariwisata di Kabupaten Pasuruan. Terlebih sekarang, wisata dengan konsep kembali ke alam, menjadi pilihan dan lebih disukai.

“Yang terpenting, wisata yang kembali ke alam, yang alami, dicari pengunjung,” tutup Mas Dion.

Dalam Festival Budaya dan Wisata yang berlangsung sejak dari Jumat ini, banyak kegiatan dilakukan. Mulai dari Kelas Inspirasi, jelajah wisata, hingga pesta rakyat dengan kuliner nasi pisang.

Baca Juga :   Inilah 20 Anak Terpilih Sebagai Pemain Elite U-12

Ratusan peserta dan warga Desa Kalipucang antusias dalam setiap kegiatannya, termasuk pada penutupan Agrofest 2018 dengan pertunjukan Panggung Budaya. Terakhir pada penutupan ini, warga dan peserta dihibur dengan barongsai dan beberapa kesenian lain.

Penutupan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan ini diharapkan menjadi awal bagi kemajuan desa Kalipucang, khususnya sebagai desa Wisata. (**/**)